Sejarah Spa dan Manfaatnya, Sedikit Orang Memahami

sspabaliIstilah spa, berasal dari kota Spa di Belgia, secara tradisional digunakan untuk menunjuk sebuah tempat di mana air yang diyakini memiliki sifat menyehatkan terdapat. Ini biasanya adalah sebuah pemandian air panas atau mineral.

Spa yang di tawarkan biasanya rangkain perawatan tubuh yg terdiri dari facial, creambath, manicure, pedicure, scrub, lulur, body treatment, dan foot spa yang diakhiri dengan mandi bunga/buah , mandi uap ,ataupun mandi di kolam jacuzzi . Tujuannya agar setelah perawatan tersebut tubuh serta pikiran akan merasa segar dan terbebas dari kepenatan .

Bekerja seharian membuat tubuh kita menyimpan asam laktat yang cukup tinggi. Semakin tinggi kadar asam laktat di dalam tubuh semakin tegang pula otot di dalam tubuh. Tak heran, setelah beberapa hari sibuk bekerja, tubuh akan merasakan lelah dan dalam beberapa situasi bisa sampai menyebabkan mood yang tidak enak. Untuk mengembalikan energi dalam tubuh, menyegarkan pikiran serta perasaan, beberapa orang memilih untuk melakukan body spa. Spa juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh jika teratur dilakukan. Maka dari itu bisnis spa di Indonesia banyak bermunculan. Sebelum membuka bisnis spa sebaiknya Anda mengetahui beberapa jenis spa agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

Berikut beberapa jenis spa menurut International Spa Association:

Destination Spa

Perawatan untuk peremajaan secara holistik yang berguna membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih segar. Spa ini terdiri dari perawatan tubuh, aktifitas fisik, kuliner sehat, dan program khusus. Perawatan ini memerlukan waktu lebih dari 1 hari dan biasanya dilakukan di sebuah pulau, hotel, atau resor yang jauh dari keramaian kota oleh karena itu dinamakan destination spa.

Medical Spa

Pelayanan spa yang dikerjakan dalam pengawasan dokter yang sudah berlisensi. Spa ini fokus pada perawatan kosmetik seperti injeksi botox, filler, laser, dan menghilangkan flek pada kulit.

Day Spa

Spa ini menawarkan perawatan yang dapat dipilih setiap hari dan tidak memakan waktu yang lama. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk satu perawatan berkisar 1-2 jam saja. Pilihan perawatan seperti manicure, pedicure, facial, body spa dan massage. Sebagian bisnis spa menyediakan layanan day spa ini

Health Spa

Health spa ini fokus pada pemeliharaan kesehatan, perawatan ini ditangani praktisi kesehatan yang akan meberikan edukasi yang menunjang kesehatan. Biasanya spa ini dilakukan di tempat yang tenang.

Resort Spa

Spa ini merupakan salah satu fasilitas yang diediakan oleh pihak resor atau hotel untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Pelayanan spa yang ditawarkan berupa body massage, facial, refleksologi, manicure, dan pedicure. Resort spa ini cocok untuk para pebisnis dan traveler yang sering bepergian ke luar negeri atau luar kota. Anda bisa bekerja sama dengan pihak resor untuk membuka bisnis spa.

Airport Spa

Pelayanan spa yang disediakan bandara untuk para penumpang pesawat sebelum boarding atau sedang menunggu pesawat delay. Perawatan spa ekspres di bandara seperti kursi pijat, terapi oksigen, dan layanan pijat refleksi biasanya menjadi pilihan para penumpang sebelum berangkat.

Demikian beberapa jenis spa menurut International Spa Association. Banyaknya jenis spa membuktikan bahwa perawatan ini banyak dicari oleh masyarakat karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu tidak heran jika banyak dibuka bisnis spa di Indonesia. 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Spa dan Manfaatnya, Sedikit Orang Memahami"

Posting Komentar