Putus Nyambung Rasanya Pasti Melelahkan, 7 Resep Agar Kamu Berhasil Membina Hubungan yang Kuat dan Langgeng!

 “A true relationship is two unperfect people refusing to give up on each other.”  

Siapa yang tidak mau mempunyai hubungan kuat dan tahan menghadapi berbagai rintangan? Tapi bagaimana sih caranya mewujudkan hubungan yang kuat? Quote tersebut mengisyaratkan satu hal yang harus dimiliki pasangan yang hubungannya kuat dan langgeng, yaitu kesungguhan untuk tidak menyerah satu sama lain walaupun keduanya bukanlah manusia yang sempurna.
Ternyata untuk membangun hubungan yang sehat dan bertahan lama tak hanya cukup dengan saling menerima ketidaksempurnaan, tapi masih banyak hal lain yang harus dilakukan. Kamu perlu kerja keras dan kesabaran tinggi untuk membina hubungan yang nyaman dan patut dipertahankan. Berikut ini 7 hal yang harus kamu lakukan untuk menciptakan hubungan kuat yang kamu dambakan:

1. Periksa dulu diri kamu, apa kamu sudah cukup move on dan berbenah diri?

Inspirational move on quote via www.meetthebestyou.com
Sebelum memulai hubungan yang sehat dan langgeng, kamu harus pastikan bahwa diri kamu siap untuk menjalani hubungan yang sehat dan langgeng itu. Apa ukuran bahwa kamu sudah siap?
Kamu sudah cukup berbenah diri, yaitu menata kepribadian sebaik mungkin. Selain itu, kamu dikatakan siap untuk hubungan yang sehat jika kamu sudah dapat mengembangkan potensi diri dengan maksimal. Artinya, kamu dapat menjadi pribadi yang menyenangkan dan selalu punya materi pembicaraan yang menarik dengan pasanganmu.

Jika sebelumnya kamu pernah gagal menjalani suatu hubungan, jangan dulu beralih pada hubungan lain jika kamu belum benar-benar move on dan memahami peranmu dalam sebuah hubungan. Hubungan yang kuat dan langgeng tidak akan datang pada seseorang yang terus menerus terpaku pada hubungan yang sudah gagal. Hubungan yang kuat dan langgeng akan datang pada kamu yang mampu mengikhlaskan hubungan yang sudah berakhir dan  memahami peranmu dalam sebuah hubungan agar hubungan yang akan kamu jalani nanti dapat bertahan.

2. Ciptakan kebiasaan berkomunikasi yang penuh respect.

Respect and deeper communication in relationship via www.tolovehonorandvacuum.com 
Kamu pasti sudah memahami kan bahwa komunikasi adalah kunci dari hubungan yang sehat. Akan tetapi, beberapa orang terkadang tidak memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan.
Mereka yang punya masalah berkomunikasi dengan pasangan lebih memilih untuk diam daripada membicarakan berbagai persoalan secara terbuka. Hal demikian sangat tidak baik jika kamu ingin hubunganmu tetap sehat. Belajarlah untuk membicarakan perasaan dan berbagai hal dengan pasanganmu secara jujur.

Pujian dan ungkapan sayang dalam berkomunikasi juga menjadi bumbu-bumbu yang membuat hubungan lebih romantis. Satu hal yang harus kamu ingat baik-baik, seleluasa apapun kamu dan pasanganmu berkomunikasi, harus tetap menyertakan respect atau sikap saling menghargai. Jangan sampai kamu tidak menghargai karakter, waktu, kepercayaan, dan hati pasangan kamu.

3. Perhatikan baik-baik. Bukan seberapa banyak waktu yang kamu habiskan bersama pasangan, tetapi seberapa berkualitas waktu yang kamu habiskan berdua.

Quality time in relationship via www.clearpointcreditcounselingsolutions.org 
Ada perbedaan besar antara menonton film bersama seharian dengan duduk berdua saat malam dan membicarakan tentang apa yang kalian berdua alami seharian. Itulah waktu bersama yang berkualitas. Menonton film seharain memang memakan waktu lebih lama daripada sekedar makan malam, namun tidak ada obrolan yang menambah kehangatan hubunganmu dengan pasangan.
Konsentrasi kamu terhadap waktu bersama pasangan yang berkualitas juga banyak memberikan manfaat buat kamu pribadi. Kamu tidak akan terlalu lama menghabiskan waktu bersama, sehingga kamu punya lebih banyak waktu untuk dirimu sendiri. Kamu pun dapat menyisihkan waktu bersama teman-temanmu atau melakukan hal yang menjadi hobimu tanpa merasa khawatir pasanganmu merasa diabaikan.

4. Jangan terlalu banyak curiga, tetap bersikap tenang justru itu lebih efektif untuk membuat hubungan bertahan lama.

Trust in relationship via www.gorgonia.it 
Si dia lama membalas chat kamu? Atau kamu mengetahui dia mendapat chat dari wanita lain? Jika kamu ingin hubungan kamu tetap sehat dan langgeng, dalam situasi seperti itu kamu harus tetap tenang. Jangan terlalu cemas dan curiga, anggap semua normal dengan tetap berpikir positif. Berikanlah dia kepercayaan sehingga dia merasa mempunyai tanggung jawab.
Tidak perlu tenggelam dalam pikiran-pikiran gila tentang pasangan kamu. Berasumsi positif dahulu, mungkin dia sedang tidur atau mengerjakan sesuatu, sehingga tidak bisa cepat membalas chat kamu. Belajarlah menganggap interaksi pasanganmu dengan lawan jenisnya adalah hal normal. Apabila masih dalam taraf pertemanan yang wajar, biarkanlah ia menjadi pribadi yang dapat berteman dengan siapapun.

5. Menerima pasangan kamu apa adanya, berarti kamu tidak dipusingkan dengan hal-hal remeh pada diri pasanganmu.

Intimate relatinship via www.elitedaily.com 
Saat pertama kali jatuh cinta pada pasanganmu, mungkin hal-hal terkecil dari dirinya terkesan begitu mengagumkan. Rambutnya, penampilannya, dan sikapnya begitu memesona. Namun, pesona pasangan kamu terasa memudar setelah menjalani hubungan dalam waktu yang lama. Jangan pernah terlalu khawatir akan hal-hal kecil pada diri pasanganmu jika kamu menginginkan hubunganmu dengannya bertahan lama.
Perasaan sayang kamu pada pasanganmu tidak akan hilang hanya karena kamu melihat dia dengan rambut berantakan atau tanpa make up. Percaya deh, selalu menerima pasangan dalam keadaan apapun adalah rahasia para pasangan yang berhasil memertahankan hubungannya. Akan tetapi, ada baiknya kamu selalu menjadi pribadi yang paling menarik bagi pasanganmu tanpa harus memaksakan diri.

6.  Biarkan ia melihat dirimu yang sesungguhnya dan kamu pun dapat melihat dia yang sesungguhnya.

Goofy relationship via www.playbuzz.com 
Satu diantara tanda bahwa kamu sedang menjalani hubungan dengan orang yang tepat ialah kamu tidak pernah khawatir untuk menjadi dirimu yang sesungguhnya. Kamu dapat bersikap wajar dan jujur di hadapan pasangan kamu tanpa mesti dibuat-buat agar ia tetap tertarik padamu. Jika ingin bersikap konyol, bersikap konyollah dan ia tidak pernah bermasalah dengan sikapmu itu.
Pasangan yang punya keinginan untuk bertahan bersama pasti melihat dirimu yang sesungguhnya dan menerima kamu dengan tangan terbuka. Bahkan, mungkin dia dapat melihat hal hebat dalam dirimu yang tidak pernah kamu sadari. Kamu pun harus bersikap demikian. Pasangan yang patut dipertahankan juga pasti menjadikan kamu pribadi yang lebih baik tanpa mengubah dirimu yan sesungguhnya.

7.  Rencanakan target kamu dan pasanganmu untuk beberapa tahun ke depan. Rencana-rencana itu akan menjadi pengikat kalian berdua.

Long lasting relationship quote vai www.black-men-white-women.tumblr.com
Keseriusan hubungan tidak perlu diwujudkan dengan hal-hal besar. Cara sederhana seperti menceritakan target-target pribadi kalian masing-masing dan merencanakan target kalian berdua adalah bentuk keseriusan yang efektif membuat hubungan semakin langgeng. Jangan dulu muluk-muluk, rencanakan dahulu tujuan-tujuan kamu dan pasanganmu dua atau tiga tahun ke depan misalnya.
Rencana-rencana itu tanpa kalian sadari akan mengikat kalian berdua dalam hubungan yang kuat, karena rencana yang kalian buat berdua juga merupakan janji. Bila dalam proses perencaan itu kalian menemukan hal yang tidak kalian sepakati, itulah waktu kalian untuk belajar berkompromi dan menghargai satu sama lain.
Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada hidup berdua dengan pasangan dalam perasaan nyaman. Semoga 7 hal di atas membantu kamu untuk membangun hubungan yang sehat dan long lasting!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Putus Nyambung Rasanya Pasti Melelahkan, 7 Resep Agar Kamu Berhasil Membina Hubungan yang Kuat dan Langgeng!"

Post a Comment