Sponsored Links

Beberapa Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Memiliki perut buncit memang sangat menganggu penampilan dan bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Perut buncit sebenarnya lahir dari kebiasaan pola hidup dan pola makan yang salah. Berikut serupedia akan menulas lebih dalam Beberapa Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya. 



Apa yang menyebabkan perut buncit?

Seperti halnya obesitas pada tubuh, perut buncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik. Apabila Anda makan terlalu banyak dan kurang berolahraga, Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut.

Riwayat obesitas pada keluarga, kebiasaan merokok, dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. Usia tua dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit. Selain itu, bentuk tubuh yang seperti ‘apel’ cenderung menyimpan lemak di sekitar perut dibandingkan bentuk tubuh seperti ‘pir’.


Beberapa penyebab ini bisa dilihat dari kebiasaan - kebiasaan sebagai berikut?

1. Permen Karet

Udara yang anda hirup saat mengunyah permen karet dapat menyebabkan perut kembung. Agar perut tetap langsing, pastikan Anda tidak mengunyah permen karet sepanjang hari.

2. Alkohol

Gula dan alkohol, terutama yang terkandung dalam bir, dapat membuat otot anda kendur. Dari pandangan ilmu gizi, alkohol sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini dikarenakan alkohol mengandung kalori yang tinggi, sama seperti jumlah kalori pada makanan berlemak. Terlepas dari hal itu, ketika anda meminum alkohol, hati anda akan bekerja dengan sangat keras untuk menghilangkan alkohol, dan menunda untuk menyaring gula. Gula tersebut kemudian akan disimpan tubuh sebagai lemak. Selain itu, alkohol juga dapat meningkatkan nafsu makan.

3. Tembakau

Tembakau dapat merusak kerja pencernaan. Jika Anda merokok setelah makan, Anda pasti akan merasa kembung setelahnya. Berhentilah merokok, dan Anda akan mendapatkan manfaat lebih dari sekedar turunnya berat badan.

4. Stres

Stres dapat mengganggu kerja tubuh dan pencernaan. Stres juga dapat membuat anda merasa kenyang dan menimbulkan masalah pada kemampuan tubuh dalam menyimpan lemak. Hasilnya perut anda akan terlihat lebih mengembang. Untuk mengatasi hal tersebut, belajarlah untuk lebih rileks dan bernafas secara perlahan dan dalam.

5. Makanan Cepat Saji

Jumlah kalori dan lemak dalam makanan cepat saji sangat tinggi. Masalah utama yang akan ditimbulkan oleh makanan cepat saji adalah bahwa makanan tersebut tidak terlalu mengenyangkan, sehingga Anda akan sering merasa lapar. Anda sebaiknya membatasi asupan makanan cepat saji yang anda makan dan menerapkannya sekali dalam sebulan.

6. Hormon

Pria memiliki hormon yang mempengaruhi berat badan mereka. Itulah mengapa pria cenderung memiliki perut gendut pada usia tertentu. Di saat pria mulai menyimpan lemak di perut mereka pada usia 40-an, wanita akan menyimpan lemak mereka di paha, bokong, dan pinggul mereka di usia yang lebih awal.

7. Susu

Meskipun susu penting untuk kesehatan, menyeimbangkan diet dengan jumlah kalsium yang tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan dan membuat perut membuncit. Jika Anda suka susu, disarankan untuk mengonsumsi yoghurt atau dan keju yang dibuat dari susu kambing.

8. Obat Pencahar

Barangkali Anda terbiasa menggunakan obat-obat laksatif (pencahar) di saat Anda mengalami sembelit. Anda sebaiknya tidak menggunakannya terlalu sering. Penggunaan laksatif secara berlebihan juga dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter sebelum anda menggunakan obat-obatan laksatif.

Bagaimana Cara menatasinya?

1. Memasak Makanan sendiri

Anda punya masalah perut buncit dan tidak bisa masak? Yuk mulai sekarang belajar memasak. Mereka yang ingin mengecilkan perut buncit sering tertarik terhadap metode diet berat (crash diet). Memang berhasil, namun ingat, crash diet baik untuk hasil jangka pendek. Selain itu, crash diet dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Untuk mengecilkan perut yang buncit, anda perlu menghilangkan lemak yang menumpuk di perut dan mengikuti diet secara sehat dan seimbang. Diet yang sehat yakni diet dengan tinggi protein dan serat (Makanan serat tinggi seperti gandum, oatmeal, kacang polong , kelabat, kedelai, dll.), rendah karbohidrat, rendah lemak dan natrium.

2. Banyak minum air putih

Sebuah studi dari jurnal endokrinologi klinis dan metabolisme menunjukkan bahwa individu, tingkat metabolismenya meningkat sebesar 30 persen setelah minum sekitar 17 ons air. Penelitian lain menunjukkan bahwa meningkatkan volume cairan dalam tubuh dapat membantu untuk memecah lemak yang tertimbun dalam tubuh. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

3. Istirahat dan tidur cukup

Cara mengecilkan perut buncit berikutnya adalah dengan melakukan istirahat dan tidur yang cukup. Imbangi aktivitas anda dengan istirahat yang cukup untuk pemulihan stamina dan tubuh anda setelah lelah beraktivitas olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa ketika anda tidak cukup tidur, tubuh terjadi peningkatan hormon ghrelin, yakni hormono yang meningkatkan nafsu makan. Anda secara bersamaan mengalami penurunan hormon leptin, sehingga sulit untuk merasa ‘kenyang’ dari ukuran porsi yang anda konsumsi biasanya. Perubahan ini secara fisiologi menyebabkan anda sulit untuk mengontrol kelaparan.

4. Banyak mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C membantu mengurangi tingkat stres dan mengembalikan hormon stres (kortisol) ke tingkat yang normal. Pengurangan kortisol dapat membantu untuk mencegah peningkatan penyimpanan lemak di perut. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C setiap hari, misalnya jeruk, buah kiwi, dll. Saat ini vitamin C juga tersedia dalam bentuk suplemen, namun disarankan untuk mengkonsumsi vitamin c melalui makanan/buah-buahan. Jika anda memilih vitamin c dalam bentuk suplemen, sebaiknya jangan lebih dari 500 miligram per hari.

5. Olahraga untuk mengecilkan perut

Cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga. Tempat latihan atau fitness center sebetulnya kurang efektif dalam usaha anda untuk menyingkirkan lemak di perut. Jika anda melakukan beberapa kali Sit-up atau latihan perut setiap hari, saya yakin tidak akan bisa meratakan perut buncit anda. Namun jika ingin memperkuat otot perut maka fitness center cocok untuk anda.

Berbicara tentang olahraga sebagai cara mengecilkan perut buncit, anda cukup melakukan kegiatan fisik yang moderat selama sekitar 45-50 menit, 4-6 kali dalam seminggu, sudah cukup efektif untuk menghilangkan lemak dari perut. Semakin banyak waktu yang anda luangkan untuk CARDIO (seperti jalan cepat, bersepeda, jalan santai, jogging, dll) dan latihan aerobik, maka semakin cepat anda akan kehilangan lemak di perut. Cobalah luangkan waktu untuk berenang, selain cepat membakar kalori juga bagus menghilangkan stres. Yang harus diperhatikan yakni anda harus konsisten dan tidak boleh melewatkan olahraga ringan tersebut dalam 4-6 kali dalam seminggu. Lakukan meski hanya 5 menit! Anda juga dapat meningkatkan durasi dan intensitas olahraga tersebut secara bertahap, untuk meningkatkan stamina tubuh. Lakukan 5-10 menit pemanasan sebelum memulai olahraga.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment