Sponsored Links

9 Film Tentang Sepak Bola yang Menarik Ditonton

Sudah kita ketahui bersama, sepak bola adalah olahraga paling populer yang ada di muka bumi ini. Drama selalu tercipta di olahraga yang satu ini. Namun bagaimana jika drama yang tersaji tercipta di dalam film. Berikut serupedia akan membahas 9Film Tentang Sepak Bola yang Menarik Ditonton.


1. The Damned United (2009)

‘The Damned United’ diangkat dari novel karya David Peace. Tokoh utama dalam kisah ini adalah Brian Clough, yang pada tahun 1972 membawa Derby County memenangkan gelar juara Liga Inggris. Ia kemudian pindah ke Leeds United. Di sinilah cerita dimulai, dimana Clough mendapat nasib buruk. Leeds hanya dapat memenangkan 1 pertandingan, dan akhirnya Clough dipecat hanya dalam waktu 44 hari.

2. Offside (2006)

‘Offside’ adalah film drama komedi yang bercerita tentang 5 gadis Iran penggila bola yang nekat berdandan ala lelaki demi menonton sepakbola di stadion. Di Iran, wanita memang dilarang datang ke stadion. Sialnya mereka tertangkap, dan harus diawasi 3 orang petugas sepanjang pertandingan. Kelima gadis ini pun mencoba berbagai trik untuk memuaskan hasrat sepakbola mereka. Film ini mengambil setting pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2006 Iran vs Bahrain.

3. Bend It like Beckham (2002)

‘Bend it Like Beckham’ bercerita tentang kegilaan seorang gadis keturunan India bernama Jess Brahma, terhadap David Beckham. Jess akhirnya bergabung dalam sebuah tim sepakbola putri. Jess ingin bermain sepakbola secara profesional, meskipun pandangan tradisional (India) menuntut wanita untuk mengenakan sari dan tinggal di rumah. Dia pun harus bermain sepakbola secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan orangtuanya

4. Looking for Eric (2009)

‘Looking for Eric’ adalah film drama/komedi keluaran tahun 2009, mengisahkan Eric Bishop yang sedang mengalami masalah dalam kehidupan pribadinya. Kondisi ini membuat Eric menjadi sosok yang keras dan pemurung. Eric Bishop yang sangat mengidolakan Eric Cantona, kemudian menghadirkan sosok Cantona ke dalam dunianya. Kehadiran Cantona menjadi ‘malaikat penyelamat’ bagi Eric, membuatnya lebih bisa mamahami dirinya sendiri. Film ini juga mengangkat persoalan pemujaan kepada sosok idola, yang mengandung pesan bahwa sang idola juga manusia biasa yang kesukesannya diraih lewat kerja keras.

5. Fever Pitch (1997)

‘Fever Pitch’ diangkat dari cerita novel karya Nick Hornby yang menceritakan kisah Paul Ashworth, seorang guru di London, yang menjalin hubungan asmara dengan Sarah Hughes. Jalinan cinta mereka tersangkut dalam konflik ketika Paul harus memilih dua hal yang paling dicintainya: kekasihnya, atau sepakbola. Perjalanan Arsenal di musim 1988/99 membuat kisah cinta keduanya goyah. Duel Arsenal melawan Liverpool di pertandingan penentuan liga, menjadi background yang menarik dalam film ini.

6. Escape to Victory (1981)

‘Escape to Victory’ bercerita tentang tawanan Perang Dunia II yang harus mengalahkan timnas Jerman jika ingin bebas. Tim tawanan perang, secara heroik, berhasil menahan imbang Jerman dengan skor 4-4. Tokoh yang diperankan Pele, Luis Fernandez, menjadi penyelamat lewat gol tendangan saltonya (yang mirip seperti gol salto Rooney). Walau gagal menang, para tawanan tetap berhasil melarikan diri, dibantu oleh sekelompok suporter yang tumpah-ruah ke stadion seusai pertandingan.


7. The two escobars

Film ini bercerita tentang dua orang Kolombia, yang satu adalah pemain sepak bola, satu lagi adalah anggota mafia obat-obatan terlarang. Si pemain, Anders Escobar, memimpin perkembangan permainan tim nasional Kolombia di lapangan dan menjadikan tim mereka menjadi tim kuda hitam dalam Piala Dunia 1994. Sementara itu, si ketua geng kartel narkoba, Pablo Escobar, memimpin Kolombia ke dalam perang berdarah di jalanan yang berjuang untuk mengukuhkan kekuasaan.

Film dokumenter ini menceritakan tentang dua orang yang memiliki kisah hidup yang berseberangan, tetapi berkuasa mengubah tatanan di suatu negara. Film dokumenter ini dinilai memukau, sangat emosional, dan menyampaikan pesan-pesan dengan kuat.


8. Zidane: A 21st Century Portrait

Film dokumenter tahun 2006 ini bercerita tentang pertandingan 90 menit yang dilakoni salah satu bintang legendaris dunia, Zinedine Zidane. Kisah Zidane difilmkan dalam laga Real Madrid melawan Villareal pada 23 April 2005 dengan menggunakan 17 kamera yang disinkronkan dengan gerakannya selama pertandingan, bahkan pada saat diam.

Film ini diiringi musik latar belakang dari kelompok musik beraliran band eksperimental asal Skotlandia, Mogwai, yang menghadirkan nuansa merenung dalam film tersebut.


9. Once In A Lifetime: The Extraordinary Story of the New York Cosmos

Kebangkitan dan kejatuhan Liga Sepak Bola Amerika Utara dan tim raksasa AS, New York Cosmos, berjalan bersamaan. Film ini bercerita tentang awal berdirinya Cosmos pada akhir 1960-an sampai kemudian berakhir pada tahun 1985. Keserakahan, tujuan, dan perempuan menjadi formula kisah indah dalam film ini.

Cosmos memiliki pemain-pemain terkenal di dunia, seperti Pele, Franz Beckenbauer, Carlos Alberto, dan Giorgio Chinaglia. Tim ini adalah tim penuh bintang yang orisinal di dunia sepak bola. 

Film dokumenter ini menampilkan wawancara dengan banyak mantan bintang Liga Sepak Bola Amerika Utara, kecuali Pele, serta rekaman pertandingan dan narasi oleh aktor Matt Dillon.



loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Film Tentang Sepak Bola yang Menarik Ditonton"

Post a Comment