5 Perusahaan Besar Dunia yang Awalnya Berkantor di Garasi Rumah


Halo Serupedians

Perusahaan besar dunia yang kita nikmati produknya sekarang berawal dari perusahaan yang berkantor tidak layak yakni garasi rumah. Namun berkat ke gigihan dan kerja keras pendirinya, perusahaan tersebut bisa menguasai dunia dengan produk-produknya.


Berikut serupedia akan mengulas 5 Perusahaan Besar Dunia yang Awalnya Berkantor di Garasi Rumah. Simak !

1. Microsoft

Siapa sangka perushaan besar sekalas Microsoft awalnya adalah perusahaan kecil yang berkantorkan di garasi rumah. Garasi rumah Bill Gates menjadi tempat pengembangan awal software yang menjadi cikal bakal Windows. Kala itu, Bill Gates mendirikan Microsoft bersama Paul Allen.

Saat ini, Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer terpopuler di dunia. Bill Gates yang drop out dari Harvard University kerap dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia sampai saat ini.

Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.

Tahun 2012, Microsoft adalah pendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak perkantoran (bersama Microsoft Office). Perusahaan ini juga memproduksi serangkaian perangkat lunak untuk desktop dan server, dan aktif di sejumlah bidang seperti pencarian Internet (Bing), industri permainan video (konsol Xbox dan Xbox 360), pasar layanan digital (MSN), dan telepon genggam (Windows Phone OS). Bulan Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk pertama kalinya melalui peluncuran komputer tablet Microsoft Surface.

2. Google

Sebagai mahasiswa S2 Stanford, Larry Page dan Sergey Brin memulai Google dari garasi Susan Wojcicki di California pada September 1998. Susan Wojcicki yang pada saat itu sedang dalam krisis keuangan menyewakan garasi rumahnya sebesar USD 1.700 per bulan.

Google menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana dan ‘bersih’ serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata kunci (keyword) sehingga mereka menjadi lebih relevan bagi para pengguna, dan iklan-iklan tersebut diharuskan menggunkan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. Konsep penjualan iklan berdasarkan kata kunci diawali oleh Overture yang dulunya bernama GoTo.com. Pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba.

Pada September 2001, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika. Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini tampak tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.

Pada masa puncak kejayaannya pada awal 2004, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL dan CNN. Share Google turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada Februari 2004 agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka.

3. Disney

Sekitar 45 menit dari Disneyland Park di Anaheim, California, ada sebuah rumah di mana perusahaan Walt Disney bermula. Di tahun 1923, Walt Disney dan adiknya Roy pindah ke rumah paman mereka, Robert Disney.

Laba Disney pada 2004 adalah sebesar $30,8 miliar USD dan merupakan komponen Dow Jones Industrial Average. Perusahaan ini dikenal sebagai Walt Disney Productions, Ltd. sampai 6 Februari 1986 dan kemudian diubah menjadi namanya sekarang.

Walter Disney melihat ada masa depan yang menjanjikan dibanding bekerja sebagai cutout animasi di Ad Company, setelah membaca sebuah buku karangan Edwin G.Lutz berjudul Animated Cartoons: How They Are Made, Their Origin and Development. Dan Walter mengambil langkah baru lagi dimana ia membuka bisnis animasi sendiri dengan merekrut Fred Harman, salah seorang rekan kerjanya di Kansas City.

Pada tahun 1920, dengan mendapat persetujuan dari Frank L. Newman (showman), akhirnya mereka dapat menyiarkan kartu pertama mereka yang berjudul “Laugh-O-Grams” dibioskop tersebut. Diluar dugaan film kartun ini sangat populer di Kansas City, dan dari film kartun pertama ini (Newman Laugh O Grams) Walter dapat membeli sebuah studio dan merekrut lebih banyak lagi animator seperti Hugh Harman (Adik Fred Harman), Rudolf Ising serta Ub Iwerks. Studio Disney yang baru berjalan beberapa bulan ini harus gulug tinggi karena gaji karyawan yang tinggi serta dililit hutang. Sehingga Walter memutuskan untuk menutup studionya kemudian membuka studio di Hollywood, California.

Setelah mendirikan studio di Hollywood hasil patungan antara Disney dan saudaranya. Kini Walter Disney mencari penerbit yang mau mengedarkan film kartun berjudul “Alice Comedies” yang sempat ia buat di Kansas City. Adalah NewYork Margaret Winkler yang berminat untuk mengedarkan film tersebut.Virginia Davis yang berperan sebagai Alice dan Iwerks harus pindah dari Kansas City dikarenakan pekerjaan ini. Ini merupakan titik awal seorang Walter Elias Disney di Studio Disney Brother’s yang akan menjadi Legenda.

Ditahun 1925 ia bertemu Lilian Bounds yang bekerja di Disney Brother’s sebagai pelukis seluloid animasi dan akhirnya mereka menikah. Namun usaha mereka untuk mempunyai anak pertama harus terhenti dikarenkan Lilian mengalami keguguran. Dan pada 18 Desember 1933 lahir seorang anak perempuan bernama Diane Marie Disney dan mengadopsi Sharon Mae Disney.

Pada 1930an, Disney merasa perlu mengembangkan satu karakter baru dikarenakan Felix The Cat mulai pudar. Walter ingat pernah memelihara seekor tikus di Kansas City dan memberikan sedikit gambaran, akhirnya Ub Iwerks mencoba untuk membuat sketsa yang lebih baik lagi. Menurut seorang karyawan Disney mengatakan “Ub Melukis wajah Miki, namun Walt yang memberikan jiwanya.” Pada awalnya sebelum diberi nama Miki, tokoh tikus ini bernama “Mortimer” yang diubah menjadi “Miki Mouse” oleh Lilian Disney. Akan tetapi film animasi pendek pertama miki berjudul “Plane Crazy” gagal mendapatkan distributor dikarenakan “film bisu”. Disney akhirnya membuat kartun dengan suara berjudul “Steamboat Willie” yang langsung meroket hingga 1946. Dan Miki Mouse sukses mengalahkan tokoh kartun paling populer didunia Felix the Cat.

4. Apple

Pada tahun 1976, Steve Jobs (21) dan Steve Wozniak (26), memulai Apple Computers dengan menjual 50 unit Komputar Wozniak's Apple I seharga 500 dolar AS (6,4 juta rupiah) untuk peritel lokal. "The Steves" dan tim kecil mereka merakit sendiri 50 komputer selama 30 hari dari garasi di Cupertino, California. Apple pun menjadi perusahaan teknologi paling berharga di dunia.

Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.

Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.

Pada tahun 2011, CEO Apple digantikan oleh Tim Cook , dikarenakan mundurnya Steve Jobs dari jabatannya pada tanggal 24 Agustus 2011. Kemudian, pada tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs yang merupakan mantan CEO dan pendiri Apple, meninggal dunia karena kanker pankreas.

Tak lama setelah menjabat sebagai CEO, pada tahun berikutnya Apple memperkanalkan iPhone 5 dengan layar yang sedikit lebih besar dari pendahulunya, iPhone 4S. Walau banyak orang meragui akan masa depan Apple pasca di tinggalkan Steve Jobs, namun dengan percaya diri Tim Cook mulai menunjjukan kehebatan dirinya dengan menaikkan harga saham perusahaan yang mencapai $768 per lembar. dan pada tahun 2013, Apple memperkenalkan dua unit iPhone sekaligus, iPhone 5S dengan fitur sidik jari dan iPhone 5C dengan berbagai warna-warni. kemudian pada di ajang WWDC 2014 Tim Cook memperkenalkan 2 buah unit iPhone sengan layar jumbo yang di sebut sebagai iPhone 6 (4.7inc) & iPhone 6 plus (5.5inc). selain duo iPhone, Tim Cook juga meluncurkan Apple Watch sebagi jam tangan pintar dan sistem pembayaran digital yang dinamakan Apple Pay.

5. Hewlett - Packard (HP)

Di tahun 1939, Bill Hewlett dan Dave Packard mendirikan HP di garasi Packard, Palo Alto, California dengan investasi awal sebesar 538 dolar AS atau sekitar 6,9 juta rupiah.

Produk pertama mereka adalah osilator audio dan salah satu pelanggan pertama mereka adalah Walt Disney, yang membeli delapan osilator untuk mengembangkan sistem suara film Fantasia. Sekarang, HP adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia.


Perusahaan ini didirikan hanya dengan modal awal $ 538. Nama Hewlett-Packard tentu saja diambil dari nama mereka masing-masing. Di Hewlett-Packard Company, Hewlett pernah memegang berbagai jabatan penting. Namun sejak tahun 1978, Hewlett berhenti dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer.

Semasa menjadi mahasiswa, Hewlett menerima beberapa gelar dari berbagai universitas. Pada tahun 1934, Hewlett mendapat gelar B.A (Bachelor of Arts) nya dari Stanford University. Gelar masternya dalam bidang Electrical Engineering, ia dapat dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1936. Dan 3 tahun kemudian, Hewlett menerima gelar insinyur dari Stanford University. Perlu diketahui juga bahwa Hewlett adalah orang yang menerima 13 Honorary Degrees dari berbagai universitas.

Sewaktu belajar di Stanford University, dia bertemu dengan David Packard yang akhirnya menjadi sahabat baik Hewlett. Perjalanan karir Hewlett bisa dibilang menarik. Selama perang dunia ke-2, Hewlett pernah bekerja di Angkatan Perang Amerika. Selama masa tugasnya di Angkatan Perang Amerika, Hewlett termasuk kedalam sebuah tim yang bertugas menginspeksi industri jepang ketika perang dunia ke-2 berakhir. Tahun 1947, Setelah kembali dari tugasnya itu, Hewlett pergi ke Palo Ato.

Ia mulai bekerja di perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard itu, dan menjabat sebagai wakil presiden di Hewlett-Packard.company. Tahun 1957, menjabat Executive Vice President. 7 tahun kemudian, Hewlett menjabat sebagai President of HP. Pada tahun 1969, ia menjabat Chief Executive Officer. Hewlett memegang jabatan ini selama 9 tahun. Tahun 1978, dia berhenti dari jabatannya itu.

Hewlett adalah salah seorang yang mengabdikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, pada tahun 1985, Presiden Amerika Ronald Reagan memberikan penghargaan National Medal of Science kepada William R. Hewlett atas jasa-jasanya dalam mengembangkan IPTEK. Penghargaan yang Hewlett terima adalah penghargaan science tertinggi di Amerika. Hewlett juga adalah orang yang mempunyai perhatian besar terhadap masalah-masalah pendidikan, kesehatan dan sosial. Dia telah banyak bekerja di berbagai instansi-instansi, seperti di Stanford Medical Center, Kaiser Foundation Hospital, The Carnegie Institution of Washington dan Abuse Council yang berada di Washington.

William R. Hewlett meninggal pada 12 januari 2001, saat berusia 87 tahun. Namun, nama Hewlett akan tetap selalu dikenang oleh banyak orang karena perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard, merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia yang bergerak dalam bidang IT (Information Technology). Hewlett-Packard produktif menciptakan berbagai alat seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer dan lainnya. Kini, barang-barang produksi Hewlett-Packard banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Diolah dari berbagai sumber



loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Perusahaan Besar Dunia yang Awalnya Berkantor di Garasi Rumah"

Post a Comment