5 Kota yang Dinobatkan UNESCO Sebagai Kota Terunik di Dunia

Halo Serupedians

Secara geografis, kota merupakan wilayah yang lebih kecil dari suatu provinsi. Namun pusat peradaban selalu terjadi di kota. Kota merupakan pusat dari segala macam aktivitas manusia. UNESCO baru-baru ini menetapkan beberapa kota terunik dan teraneh di dunia.


Berikut serupedia akan mengulasnya dalam 5 Kota yang Dinobatkan UNESCO Sebagai Kota Terunik

1. Kota Mount Isa, Queensland, Australia

Dinobatkan sebagai Kota terluas di dunia

Kota dengan wilayah terluas jatuh pada kota Mount Isa yang terletak di barat laut Queensland, Australia . Luasnya mencapai hampir 41 ribu kilometer persegi dengan memiliki jalan raya kota sepanjang 189 km, yang merupakan jalan raya kota terpanjang di dunia.

Mount Isa juga adalah sebuah kota pertambangan yang terletak 800 km di timur Townsville, Queensland, Australia. Dengan jumlah penduduk yang mencapai hampir 25.000 jiwa di kota dan 36.000 di distriknya, Mount Isa merupakan pusat administratif yang penting untuk kawasan ini.

2. Kota Hum, Kroasia

Dinobatkan sebagai Kota terkecil di dunia

Baik dalam hal ukuran kota maupun jumlah penduduk? Itulah kota Hum yang terletak di Kroasia dengan jumlah penduduk hanya 23 orang. Kota tua ini didirikan pada tahun 1102 yang sebelumnya bernama Cholm, yang masih memiliki arsitektur gedung pada jaman abad pertengahan.

Kota ini terletak pada ketinggian 349 m. Selain ditetapkan oleh UNESCO sebagai kota terkecil, kota ini juga memegang rekor kota terkecil di dunia dalam Guinness World Record.

3. Kota Yerikho, Arab

Dinobatkan sebagai Kota tertua di dunia

Yerikho adalah sebuah kota yang terletak Tepi Barat, Governorat Yerikho, di dekat Sungai Yordan. Saat ini Yerikho memiliki populasi sebesar 25.000 orang Palestina dan Israel. Walikota kota ini adalah Hassan Saleh, seorang mantan pengacara.

Dipercaya bahwa Yerikho merupakan kota tertua di dunia, Arkeolog telah menggali puing-puing lebih dari 20 penghunian berurutan di Yerikho. Desa pertama di tempat ini ditemukan oleh arkeolog di Yerkiho yang berusia 200 tahun lebih tua daripada di daerah lainnya. Tiga pemukiman berbeda telah ada di dekat lokasi itu selama lebih dari 11.000 tahun (sekitar tahun 9000 SM), hampir pada permulaan era Holocene dalam sejarah dunia. Posisi itu sekitar rute utara dari Laut Mati.

Yericho digambarkan dalam Alkitab Ibrani sebagai "Kota Pohon Palem". Banyak sumber-sumber air di dalam dan sekitar kota ini menarik orang-orang untuk menghuninya selama ribuan tahun. Dikenal dalam tradisi Yudeo-Kristen sebagai tempat terjadinya Pertempuran Yerikho yang memastikan penghunian orang Israel di tanah Kanaan ketika sampai di sana setelah keluar dari Mesir, di bawah pimpinan Yosua bin Nun, pengganti Musa.

4. Kota Potosi, Bolivia

Dinobatkan sebagai Kota tertinggi di dunia

Potosí adalah ibukota Departemen Potosí di Bolivia. Kota ini merupakan salah satu kota tertinggi di dunia, dengan ketinggian sekitar 4,090 meter (13,420 ft).

Potosí berada di kaki Cerro de Potosí-gunung yang mendominasi kota ini dan merupakan tempat pertambangan perak selama periode penjajahan Imperium Spanyol. Perak yang ditambang diangkut oleh llama ke pantai samudra Pasifik, dikirim ke Kota Panama, dibawa menyeberangi tanah genting Panama ke Nombre de Dios atau Portobelo sebelum diangkut ke Spanyol.\

5. Kota Hong Kong, Hong Kong

Dinobatkan sebagai Kota dengan g di edung pencakar langit terbanyak dunia

Hong Kong adalah kota yang terletak di bagi an tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan.Hong Kong terkenal dengan perkembangannya yang ekspansif, pelabuhan laut dalam alami, dan kepadatan penduduk yang sangat tinggi (sekitar 7 juta jiwa pada lahan seluas 1,104 km2 (426 sq mi).

Setelah kekalahan Tiongkok di Perang Opium Pertama (1839–42) dari Kerajaan Inggris, Hong Kong menjadi koloni Inggris dengan diserahkannya Pulau Hong Kong, kemudian diikuti Semenanjung Kowloon tahun 1860 dan penyewaan 99 tahun New Territories tahun 1898. Setelah diduduki oleh Jepang selama Perang Dunia II (1941–45), Inggris kembali mengontrol Hongkong hingga 30 Juni 1997. Sebagai hasil dari negosiasi antara Tiongkok dan Inggris, Hong Kong diserahkan ke Republik Rakyat Tiongkok melalui Deklaratasi Bersama Sino-Inggris tahun 1984. Kota ini menjadi Daerah Administratif Khusus pertama di Tiongkok melalui asas "satu negara, dua sistem".

Keterbatasan lahan menjadikan infrastrukturnya padat dengan arsitektur modern, menjadikan Hong Kong sebagai kota paling vertikal di dunia.[18][19] Hong Kong memiliki jaringan transportasi umum yang sangat baik, dan 90% penduduk menggunakan transportasi massal, baik kereta maupun bus.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kota yang Dinobatkan UNESCO Sebagai Kota Terunik di Dunia"

Post a Comment