5 Hal Besar yang Masih Menjadi Misteri di Luar Angkasa

Halo Serupedians!

Bukan sebuah hal baru lagi jika luar angkasa dikenal sebagai hamparan ruang tak terhingga yang dipenuhi dengan teka-teki. Fakta ini pun lantas membuat kita jadi menerka-nerka, kira-kira ‘misteri’ macam apa saja sih yang terdapat di luar sana? Alhasil, kita jadi menciptakan teori-teori populer semacam teori keberadaan UFO (Unidentified Flying Object) hingga teori konspirasi seperti teori ‘project horizon’ di bulan.

Serupedians, kali ini Seupedia akan membahas tentang beberapa misteri luar angkasa yang banyak menarik perhatian para ilmuwan dunia. Saking menariknya, sampai-sampai banyak yang percaya apabila misteri-misteri ini telah berhasil terungkap, maka kita bisa mengetahui kunci dari jagat raya alam semesta ini! Wow! Misteri apa sajakah gerangan?  

1. Black Holes


Anda pasti sudah sering mendengar hal yang satu ini karena Ia acapkali dijadikan topik utama dalam film-film bertemakan sains-fiksi. Black holes sendiri diibaratkan sebagai ‘area pasir hisap kosmik terbesar di alam semesta’. Mereka terbentuk ketika sebuah bintang raksasa hancur, meledak dan akhirnya membentuk sebuah area kecil dengan daya gravitasi yang sangat dahsyat. Saking dahsyatnya, cahaya apapun yang ada di sekitarnya pun akan ikut masuk ke dalamnya.

Sekalipun kita mengerti bagaimana cara kerja dari sebuah lubang hitam, kenyataannya belum ada manusia yang pernah melihat sebuah lubang hitam secara langsung. Pasalnya, black holes ternyata tidak dapat dilihat menggunakan teleskop yang menangkap radiasi elektromagnetik, cahaya, maupun sinar X. Wah, susah juga ya?

2. Dark Matter


Anda bisa jadi kurang familiar atau bahkan belum pernah mendengar tentang si ‘materi gelap’ ini sama sekali. Namun usut punya usut, para kosmologis memaparkan bahwa 27 persen dari materi luar angkasa terdiri dari kumpulan dark matter ini lho, Serupedians.

Dark matter sendiri kabarnya memiliki peran yang signifikan terhadap keteraturan kecepatan rotasi seluruh galaksi di alam semesta ini. Sebuah teori pun mengatakan bahwa dark matter yang ada di alam semesta ini terbentuk atas kumpulan black holes dari jaman purbakala. Namun begitu, tetap saja, hal ini masih belum dapat menjadi jawaban yang utuh dari teka-teki luar angkasa yang satu ini.

3. Dark Energy


Tahukah anda bahwa 68 persen dari segala materi yang ada di sekitar kita ini merupakan bentuk dari dark energy? Wah, mengejutkan sekali, bukan? 

Walaupun begitu, masih belum jelas apa yang dimaksud dengan dark energy tersebut. Hipotesis yang kini berlaku mengatakan bahwa dark energy adalah zat yang membuat alam semesta ini terus menerus ‘meluaskan diri’. Sedangkan sebagai pelengkapnya, dark matter –lah yang bertugas untuk ‘menghambat’ kecepatan proses perluasan tersebut guna menjaga keseimbangan alam semesta kita yang tercinta ini.    

4. The Giant Void


The Giant Void adalah sebuah kondisi yang menyebabkan sebuah kehampaan raksasa di luar angkasa. Berbeda dari black holes, the giant void tidak terdiri dari sebuah lubang dan masih bisa dilewati oleh cahaya. Meski begitu, para ilmuwan percaya bahwa kemungkinan cahaya yang melewati the giant void adalah jenis cahaya yang mengandung dark energy.

The giant void sendiri bukanlah satu-satunya jenis ‘kehampaan’ yang terjadi di luar angkasa. Hanya saja, Ia merupakan jenis kehampaan luar angkasa dengan diameter yang terluas, yakni sebesar 1,3 milyar tahun cahaya.

5. The Great Attractor


Alam semesta kenyataannya memang terus menerus berekspansi sehingga masuk akal jika galaksi kita lambat laun pun ikut berpindah. Namun begitu, ada fakta yang menarik di balik hal ini, Serupedians. Ternyata, galaksi kita secara konstan bergerak menuju sebuah gugus yang jauhnya mencapai 220 juta tahun cahaya.

Gugus tersebut pun disebut dengan sebutan the great attractor, yang mana merupakan sebuah anomali gravitasional yang hidupnya bergantung pada aktivitas penarikan gravitasi. Lantas, terbuat dari apa ya gugus raksasa yang stau ini? Hm, ada yang mengatakan bahwa the great attractor sebenarnya terbentuk karena keberadaan dari si dark matter. Wah, benar tidak ya kira-kira?


Nah, itulah ulasan Serupedia mengenai 5 Hal Besar yang Masih Menjadi Misteri di Luar Angkasa. Faktanya, kelima hal tersebut masihlah sebagian kecil dari misteri yang terpendam di alam semesta ini lho, Serupedians. Ini karena 96 persen dari alam semesta ini sejatinya masih menjadi misteri bagi kita para umat manusia. Hm, semoga para ilmuwan segera menemukan jawaban dari serangkaian misteri di atas ya!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal Besar yang Masih Menjadi Misteri di Luar Angkasa"

Post a Comment