5 Galaksi yang Dianggap Paling Indah Sampai Saat Ini

Halo Serupedians

Di jagat raya yang super besar ini terdapat banyak sekali galaksi dan para astronom masih terus berburu galaksi demi galaksi. Teleskop Hubble adalah alat yang digunakan untuk memotret setiap pergerakan galaksi atau bintang diluar angkasa. Dari teleskop ini didapatkan banyak sekali foto-foto galaksi yang sangat indah. 



Kali ini serupedia akan mengulas 5 Galaksi yang Dianggap Paling Indah Sampai Saat Ini versu Serupedia.


1. Nebula Orion

Nebula Orion (juga dikenal sebagai Messier 42, M42, atau NGC 1976) adalah nebula yang terletak di konstelasi Orion. Tepatnya di selatan sabuk orion.

Ia merupakan salah satu nebula paling cemerlang di langit mala, bahkan dapat diamati dengan mata telanjang. Nebula Orion terletak pada jarak 1500 tahun cahaya dari Bumi. Ia memiliki massa 2000 kali massa matahari kita.

Yuk simak Videonya



2. Nebula Mata Kucing



Nebula Mata Kucing (NGC 6543) adalah nebula pada rasi bintang Draco. Struktur nebula ini merupakan salah satu struktur nebula paling kompleks yang pernah diketahui. Nebula ini ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 15 Februari 1786.

3. Nebula Kerucut

Nebula Kerucut adalah daerah H II di rasi bintang Monoceros. Nebula ini ditemukan oleh William Herschel pada 26 Desember 1785, di saat ia menandainya sebagai H V.27. Nebula Kerucut berjarak 2.700 tahun cahaya dari Bumi, dan membentuk bagian nebula yang melingkupi Kluster Pohon Natal (bahasa Inggris: Christmas Tree Cluster). Penunjukan NGC 2264 di Katalog Umum Baru merujuk kepada kedua objek tersebut dan bukan kepada nebula saja.

Bentuk kerucut berasal dari nebula serap gelap yang terdiri atas molekul hidrogen dingin dan debu di depan nebula emisi yang mengandung hidrogen yang diionisasi oleh S Monocerotis, bintang paling cerah NGC 2264.

Yuk simak videonya


4. Galaksi Sombrero

Galaksi Sombrero (juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594) adalah sebuah galaksi spiral di rasi bintang Virgo. M104 adalah galaksi utama dalam kelompok galaksi M104. Dari Bumi galaksi ini tampak seperti topi sombrero. Ditemukan pada akhir tahun 1700-an, kemungkinan besar oleh Pierre Méchain, yang menyebutnya sebagai penemuan pada sebuah surat tertanggal 6 Mei 1783. Secara terpisah M104 juga ditemukan oleh William Herschel pada 9 Mei 1784.

Yuk simak videonya


5. Nebula Semut



Dari teleskop di bumi, obyek kosmis yang sebenarnya adalah peninggalan yang berpendar dari bintang seperti Matahari, yang sekarat, terlihat seperti kepala dan dada semut.

Tetapi gambar Teleskop Hubble milik NASA yang dramatis dari Nebula Semut (Menzel 3, atau Mz 3) ini jauh lebih terperinci, menyingkap badan "semut" sebagai sepasang lidah api yang menjulur dari bintang sekarat.

Citra Hubble ini langsung menantang gagasan lama tentang tahap akhir kehidupan bintang. Dengan mengamati bintang-bintang seperti Matahari saat mendekati kematian mereka, gambar Mz 3 oleh Hubble, bersama dengan gambar nebula planetari lainnya, menunjukkan bahwa nasib Matahari kita mungkin akan lebih menarik, kompleks, dan menyolok daripada yang dibayangkan para astronom beberapa tahun lalu.

Referensi :
[1]. http://www.infoastronomy.org/2013/04/5-nebula-terindah-sejagad-yang-dipotret.html
[2]. http://www.youtube.com
[3]. http://www.space.com
[4]. http://www.id.wikipedia.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Galaksi yang Dianggap Paling Indah Sampai Saat Ini"

Post a Comment