5 Barang yang Tidak Disangka-Sangka Ternyata Ditemukan di Inggris

Halo Serupedians

Inggris merupakan negara yang melahirkan banyak penemu dan ilmuwan. Sehingga wajar jika inggris dinobatkan sebagai negeri 1001 penemuan. Banyak penemuan besar sampai yang sepele yang dilahirkan di Negara tersebut.


Kali ini serupedia mencoba mengulas penemuan barang yang dianggap sepele dan ternyata ditemukan di inggris. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Kaca mata hitam

Kacamata hitam adalah kacamata yang mempunyai lensa yang gelap (biasanya berwarna hitam). Tujuan pembuatan kacamata ini adalah untuk melindungi mata dari cahaya silau hingga cahaya ultraviolet (UV). Kacamata hitam digunakan selain untuk melindungi mata dari cahaya, juga sering digunakan untuk alasan gaya. Kacamata hitam juga seringkali digunakan oleh para tuna netra untuk alasan estetika supaya orang tidak bisa melihat mata mereka.

Pada tahun 1752 di Inggris, James Ayscough menemukan kacamata berengsel bersama dengan kacamata berwarna. berwarna biru dan hijau. Dia juga membuat mikroskop. 


2. Korek Api

Korek api ditemukan pertama kali oleh John Walker pada tahun 1826. John Walker seorang ahli kimia berkebangsaan Inggris yang lahir pada 29 Mei 1781. Walker menemukan korek api yang dinyalakan dengan cara digesek. Walker tidak sengaja menemukan korek api yang terbuat dari logam putih antimony sulfida, kemudian di campur dengan zat kimia potassium chlorate, getah pohon dan kanji. Selain bahan-bahan tersebut, ia juga menggunakan kayu dan mencampurkannya ke zat kimia tersebut.

Setelah semua tercampur, maka muncul api yang membakar kayu tersebut. Penemuan tersebut tidak dipatenkan oleh Walker, ia sengaja memamerkan penemuannya tersebut ke hadapan banyak orang. Sehingga banyak orang yang meniru penemuan Walker tersebut. Pada saat itu penjualan korek api pertama pada 7 April 1827 dari toko Walker yang menggunakan istilah Friction Lights. Walker terus melanjutkan penelitiannya, ia tidak memberikan komposisi pasti korek api temuannya tersebut kepada siapapun.

Di lingkungannya, John Walker disebut sebagai ahli botani yang banyak menghabiskan seluruh waktunya untuk mengerjakan percobaan kimianya. Dengan berjalannya waktu, penemuan serta inovasi tentang korek api telah mengalami perkembangan dan sudah semakin sempurna setelah ditemukan korek api gas. Amerika Serikat menjadi salah satu Negara pelopor pengembangan korek api gas saat itu, melalui produk korek api gas dengan merk Zippo yang masih terkenal hingga saat ini.

Saat itu korek api gas adalah korek api yang menggunakan cairan seperti butana untuk dapat menghasilkan api. Supaya menghasilkan percikan api, sehingga akan muncul api maka digunakan batu api yang digesekkan pada permukaan yang sangat kasar sehingga akan muncul api yang menyulut cairan atau gas sehingga akan terbakar. Besar kecilnya api dapat di atur, sehingga tidak akan membahayakan para penggunanya.

3. Kartu Ucapan 

Kartu natal dan kartu ucapan lainnya diciptakan oleh Henry Cole di tahun 1846. Dia-lah yang bosan dengan ide menulis surat kepada yang terkasih, karena itu ia menyewa seorang seniman untuk menciptakan sebuah adegan yang menyenangkan, membetulkan printer litografnya di ruang belakang dan secara manual dalam gambar berwarna. Ini terbukti hemat waktu instan. Dan dia dengan cepat menemukan potensi keuangan pada temuannya tersebut dan menaruh seribu penjualan. 

4. Toilet Siram 

Toilet siram diciptakan oleh anak baptis dari Elizabeth I - Sir John Harrington pada tahun 1567 dan bukan oleh Thomas Crapper sebagai mitos populer mempromosikan. Crapper adalah seorang tukang ledeng abad ke-19 yang mempromosikan kamar mandi dan beberapa dipatenkan sendiri, tetapi ia tidak menemukan toilet siram. S menekuk, merupakan bagian penting dari toilet siram modern diciptakan oleh Alexander Cummings pada 1775. 

Walaupun John Harrington menciptakan toilet yang tertutup air pada tahun 1567 (serupa dengan toilet modern, tetapi pasokan air ditempatkan dalam tangki yang menyerupai wadah dan diletakkan di atas toilet), baru setelah lebih 180 tahun, toilet ini diadopsi dalam skala besar. Pada waktu itu, toilet memasuki rumah pribadi, tetapi tetap kasar dibandingkan dengan standar yang sekarang.


5. Kain Elastis

Ia adalah Thomas Hancock yang menciptakan kain elastis dari pengunyahan. Pengunyahan adalah merobek-robek dari sisa-sisa karet untuk memungkinkan untuk dibentuk menjadi lembaran. Hancock menemukan kain elastis untuk digunakan nya penambat hal-hal seperti suspender, stocking dll bodohnya ia juga menemukan seseorang yg mengunyah karet di sepanjang jalan. 

Thomas Hancock kemudian mematenkan teknik penciptaan bahan elastis yang digunakan dalam pembuatan sarung tangan, tali selempang, sepatu, dan stoking. Tapi dalam proses penciptaan bahan elastis pertama kali, ternyata terlalu banyak bahan yang terbuang oleh Hancock. Akhirnya Hancock menciptakan mesin yang diberi nama Masticator. Mesin ini bertujuan untuk menghemat bahan dalam penggunaan karet. 


Referensi :
[1]. http://www.penemu.co/2014/03/penemu-korek-api-robert-boyle-dan-john.html
[2]. http://jaribandel.blogspot.co.id/2015/06/sejarah-asal-mula-toilet.html
[3]. http://tokoh2duniaku.blogspot.co.id/2012/03/charles-macintosh-penemu-jas-hujan.html
[4]. id.wikipedia.org
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Barang yang Tidak Disangka-Sangka Ternyata Ditemukan di Inggris"

Post a Comment