Dikira Sihir, 6 Zat Ini Mematahkan Ilmu Fisika yang Kita Kenal di Sekolah

Logam padat disentuh jadi cair? Kok bisa?
Mungkin kita bisa saja menertawakan orang zaman dulu yang mengira bubuk peluru adalah bentuk sihir ataupun rapper yang gak mengerti apa itu magnet. Namun tahukah kamu bahwa di luar sana masih banyak material yang tercipta dari hasil sains, yang akan terlihat seperti sihir asli. Material-material ini umumnya sangat susah didapatkan dan/atau sangat berbahaya, tapi kekerenannya patut ditonton. Ini 6 di antaranya yang mampu mematahkan keilmuan fisika!
Memang semua orang tahu bahwa ada logam cair seperti merkuri dan semua logam akan meleleh jika kamu memanaskannya hingga ke titik lelehnya. Yang mungkin belum kamu temui adalah logam ini yang akan meleleh di tanganmu seperti es krim. Yang kamu butuhkan hanya galium, logam luar biasa yang jika dihangatkan sedikit saja sudah bisa mencair.

Galium akan cair hanya pada temperatur ruangan, jadi gak akan terlalu berguna untuk membangun apapun, kecuali untuk digunakan sebagai trik jangka pendek. Misalnya pada saat nongkrong bersama teman, jika kamu mengaduk air hangat dengan sendok galium, kamu akan menyaksikan sendoknya lenyap

Yang lebih aneh lagi, karena suatu hal, ternyata galium gak cocok sama aluminium, bahkan bisa membuat kaleng kola menjadi serapuh kertas, seperti video berikut:

2. Ada sebuah gas yang cukup kuat untuk mengangkat (membuat nampak melayang) benda yang berat

Mengatakan bahwa sebuah zat itu "lebih berat daripada udara" memang gak terlalu menarik, sampai kamu melihat betapa mengerikan kemampuan sulfur heksafluorida. Misalnya, kebanyakan kita sudah pernah menghirup balon helium supaya suara kita seperti chipmunk. Namun gak hanya helium yang akan mengacaukan jangkauan vokalmu. Sulfur heksafluorida itu ibarat saudara kembar versi jahat dari helium. Jika kamu menghirup sebuah balon berisi dengan ini, suaramu akan jadi berat ala bariton,
Ini terjadi karena sulfur heksafluorida bersifat beberapa kali lebih berat dari udara biasa, jadi itu akan menurunkan frekuensi segala suara yang melewatiya, seperti halnya bagaimana helium bekerja, walau secara kebalikannya. Namun setelah kamu mengetahui bahwa zat ini lebih berat dari udara, kamu bisa melakukan hal-hal keren dengannya. Misalnya, seperti halnya air, zat sulfur heksafluorida dapat membuat benda yang memiliki densitas rendah mengapung seperti melayang di udara.

3. Permukaan hidrofobik (anti-air) 

Kamu akan dengan mudah mendapatkan material ini di tempat umum. Kamu bisa bermain main dengan benda ini dan melemparnya kesana kemari, tapi ia akan kembali ke bentuk cetakannya semula. Jika zat ini dicetak dalam bentuk kotak, ia akan kembali ke bentuk itu. Ini karena area kering di pinggirannya telah diberi pelapis hidrofobik. Yang artinya ia akan menolak air walaupun bertetes-tetes. Ada area yang gak dilapisi di bagian tengah dan air berkumpul di area itu. Coba teteskan air ke bagian yang dilapisi, ia akan secara otomatis menuju ke daerah yang gak dilapisi.

Kalau kamu mencelupkan jarimu ke dalamnya, gak hanya jarimu akan benar-benar kering tapi zat itu akan juga membentuk gelembung di sekeliling jarimu seperti sebuah kondom - hasilnya, air akan menghindari jarimu. Ide awal dari pembuatan zat ini adalah membuat fasilitas anti air dan anti kotor untuk pakaian. Namun, zat hidrofobik ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

4. Bubuk yang meledak dengan spontan


Nitrogen Triodida mungkin memang terlihat seperti tumpukan kotoran, tapi jangan kamu gunakan sebagai pupuk di tamanmu kecuali kamu keluarga sedarah Chuck Norris. Sebagaimana berbagai percobaan yang pernah dilakukan, zat ini sangat gak stabil bahkan jika kamu menyentuhnya dengan sehelai bulu saja, sudah cukup membuat ledakan yang mengakibatkan telingamu berdenging.

5. Es yang panas

Es panas atau secara sains dikenal sebagai sodium asetat adalah sebuah cairan yang akan berubah menjadi padat hanya dengan sedikit "provokasi". Menyentuhnya dengan jarimu, menghentakkan terlalu keras atau mengatakan beberapa kata kasar akan mengubahnya dari bening cair seperti air, menjadi padat seperti kristal.

Proses ini berguna untuk membuat patung es instan atau meyakinkan tamumu bahwa kamu mutan yang bisa mengendalikan es. Kamu bisa asal menuangkan zar cair ini ke dalam sebuah wadah, sentuhlah dengan jari dan saksikan kristal es terbentuk dari ujung ke ujung sampai isi seluruh wadah membeku hanya dalam beberapa detik saja. Apa yang terbentuk bukan benar-benar "es", karena jika kamu menyentuhnya, rasanya akan hangat. Kimia ini digunakan pada penghangat tangan.


 
 Jadi bagaimana prosesnya bekerja? Yang terjadi adalah sodium asetat akan mendingin dengan lambat dan dibuat menjadi mendingin dengan cepat hingga membeku. Ketika kamu mengaduknya terlalu berlebihan, zat itu akan sadar bahwa ia "terganggu" dan menimbulkan reaksi panik pada partikelnya yang kemudian mengeras. Sebagai catatan, ini benda pertama yang kamu bisa membuatnya di rumah karena aman.

6. Logam yang mempunyai daya ingat/memori.

Gak, tahapan dari percobaan dari video yang akan kamu tonton itu gak diputar balik - menuangkan air panas ke kabel yang melilit itu memang, pada kenyataannya, akan membentuk kata "HOT" (atau panas dalam Bahasa Inggris). Itu adalah nitinol, sebuah campuran nikel dan titanium yang memiliki kemampuan luar biasa dalam "mengingat" bentuk aslinya bahkan setelah ditekuk-tekuk secara gak karuan. Yang dibutuhkan hanya sedikit panas, seperti menyiramnya dengan air hangat dan gak peduli seberapa kacau kamu menekuknya, "logam memori" ini akan mencuat kembali ke bentuk semulanya, coba deh lihat di sini:



Memang belum banyak aplikasi nyatanya di kehidupan sehari-hari, kecuali kamu seorang pesulap yang ingin mengubah bentuk sendok tanpa menyentuhnya. Namun, para teknisi mengembangkan aplikasi riil untuk logam memori, seperti bingkai kacamata yang dapat diperbaiki kembali, jadi gak masalah berapa kalipun kacamatamu peyok karena terinjak atau kejadian lain.
 
Memang gak banyak yang bisa dilakukan untuk kehidupan sehari-hari melalui berbagai percobaan di atas dengan material-material yang sebagian besar berbahaya itu. Namun, dalam kaidah keilmuan semua hal itu pasti ada kegunaannya, sehingga peneliti pun masih berusaha memfungsikannya dengan baik. Salah satu fungsinya memang bisa digunakan untuk sulap, tapi hati-hati jika mempraktikkannya ya. Karena alih-alih mengagumkan, malah bisa menjadi petaka.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dikira Sihir, 6 Zat Ini Mematahkan Ilmu Fisika yang Kita Kenal di Sekolah"

Poskan Komentar