10 Skill Yang Wajib Dimiliki Pada Tahun 2020

Hai Serupedians!


Kemampuan seseorang memang memiliki batas. Tetapi bukan berarti tidak bisa dilatih untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Prediksi yang dilakukan oleh World Economic Forum, ada sekitar 10 Skill Yang Wajib Dimiliki Pada Tahun 2020 nanti. Berikut dibawah ini Serupedia ulas 10 Skill Yang Wajib Dimiliki Pada Tahun 2020.

10. Fleksibilitas Kognitif


Kognitif adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Pada dasarnya manusia pasti memiliki sifat kognitif tersebut.

Dengan nilai Kognitif yang luwes, tentu akan memudahkan anda untuk belajar dari banyak sumber baru yang bisa jadi lebih banyak dari yang anda kira. Dengan begitu anda secara tidak langsung belajar hal baru setiap harinya dan itu menjadi nilai plus untuk anda.

9. Kemampuan Negosiasi Yang Tinggi


Kemampuan mempengaruhi seseorang saja tidak cukup. Anda juga harus pandai mendengarkan keinginan orang lain. Negosiasi sendiri adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Mungkin di Indonesia hal ini lebih mendekati kata musyawarah untuk mencapai mufakat.

Dengan kemampuan negosiasi yang tinggi, anda juga dilatih untuk mendengarkan keinginan orang lain sehingga anda tidak dianggap sebagai orang yang egois dan keras kepala. Ketika suatu masalah tiba dan jalan penyelesaian muncul dari beberapa orang, cobalah untuk bermusyawarah agar solusi dari masalah tersebut benar-benar solusi bersama. Plus anda sekaligus meningkatkan skill negosiasi anda.

8. Memiliki Tujuan Untuk Melayani


Zaman sekarang, orang lain tidak hanya melihat dari performa anda bekerja. Atau kemampuan anda menyelesaikan masalah. Ketika anda menjadi seorang yang memiliki disiplin yang tinggi dalam bekerja, tetapi sekaligus anda juga seorang yang tidak ramah, menjadikan anda sebagai seseorang yang kaku.

Cobalah sedikit berfikir untuk melayani. Karena dengan begitu, anda juga akan dikenal sebagai orang yang ramah. Selain pekerjaan anda yang selesai dengan baik, anda juga telah membuat lingkungan kerja anda menjadi lebih baik lagi.

7. Pertimbangan Dan Pengambilan Keputusan


Untuk apa anda menjadi orang yang baik tetapi ketika memimpin sesuatu anda tidak bisa tegas dalam memilih keputusan? Sangat fatal apabila anda bukan seseorang yang bisa cepat dalam mengambil keputusan dalam beberapa situasi genting perusahaan atau bisnis anda.

Latih kemampuan pengambilan keputusan anda dengan membagi masalah anda dengan orang lain. Ketika orang lain memberikan banyak solusi, secara otomatis anda harus mempertimbangkan solusi-solusi tersebut dengan bijak. dan lahirlah pengambilan keputusan untuk masalah anda. Bukan hal yang memalukan untuk berbagi masalah karena setiap orang pun pasti memiliki masalah bukan?

6. Kecerdasan Emosional


Hal ini mengacu pada bagaimana seseorang bereaksi ketika masalah menimpa dirinya. Kecerdasan emosional yang tergolong rendah akan menuju pada pengambilan keputusan dan memunculkan sentimen tersendiri.

Jangan mentah-mentah mengambil semua pembicaraan orang lain mengenai anda. Semakin anda menganggap bahwa hal tersebut adalah bagian dari pengembangan diri anda, semakin cerdas keadaan emosional anda. Jangan terlalu terbawa suasana dan teruslah memperbaiki diri. Atasan anda tidak akan senang dengan anda bila anda mengambil keputusan yang salah hanya karena sentimen pribadi, dan bawahan anda pun demikian.


5. Koordinasi


Koordinasi adalah perihal mengatur suatu organisasi atau kegiatan sehingga peraturan dan tindakan yang akan dilaksanakan tidak saling bertentangan atau simpang siur. Koordinasi bertujuan agar tidak ada distorsi informasi dari yang anda sampaikan. Sehingga sistem dapat berjalan sesuai dengan semestinya.

Sebagai contoh, anda harus menyampaikan bahwa setiap karyawan anda harus hadir untuk merayakan hari jadi perusahaan anda. Anda memberitahukannya melalui kepala staff anda agar diteruskan kepada semua karyawan. Ketika ada seorang kepala staff anda tidak hadir, anda harus bisa menjangkau semua karyawan tidak terkecuali agar semua dapat berjalan dengan semestinya. Solusi dari pemecahan diatas tergantung dari pengalaman anda sebagai pemimpin.

Berbicara dengan orang lain yang seprofesi dan pengalaman menjadikan tempat latihan yang baik untuk anda berkoordinasi.

4. Pengelolaan SDM


Setiap manusia memiliki potensi dan keahlian masing-masing. Anda tentu akan dituntut untuk bekerja dengan beragam potensi dan keahlian yang bisa jadi anda sebenarnya tidak memerlukan potensi tersebut. Penempatan potensi pada masalah yang tepat akan menghasilkan solusi terbaik bagi masalah anda.

Cobalah untuk mengelola potensi tersebut agar perusahaan atau bisnis anda menjadi memiliki nilai plus dan anda pun dapat dinilai sebagai orang yang ahli dalam hal pengelolaan. Hal ini akan menimbulkan kepercayaan dari bawahan atau atasan anda bahwa mereka tidak memilih orang yang salah.


3. Kreatif


Ungkapan "Banyak Jalan Menuju Roma" adalah ungkapan yang paling tepat untuk hal ini. Jangan berfokus pada satu jalan untuk tujuan anda. Lihat sudut pandang yang lain agar tujuan anda tercapai.

Memang daya kreatifitas seseorang berbeda. Hal ini berhubungan dengan poin nomor 4 mengenai potensi seseorang. Anda dapat memanfaatkan potensi orang lain untuk tujuan anda. Tentu dengan Koordinasi yang baik.


2. Berfikir Kritis


Ketika ada sesuatu yang tidak beres pada suatu masalah, anda harus berfikir kritis agar pertimbangan bisa dikedepankan daripada pengambilan keputusan yang salah. Berfikir kritis mengacu pada kemampuan analisis seseorang mengenai masalah yang dihadapi. Semakin tajam analisis seseorang, semakin kritis dia berfikir.

Anda dapat melatih berfikir kritis anda dengan coba mendengarkan masalah orang lain. Mencoba menjadi solusi masalah mereka akan memaksa anda berfikir secara mendalam mengenai masalah mereka. Secara tidak langsung anda melatih proses berfikir kritis anda.

1. Pemecahan Masalah Kompleks


Terkadang masalah timbul karena masalah yang lain. Sehingga semuanya mengakar pada satu masalah inti yang harus diselesaikan. Bercabangnya masalah atau banyaknya masalah yang saling terkait merupakan masalah yang kompleks. Anda harus bisa menyelesaikannya.

Hal ini terkait dengan poin nomor 2. Semakin anda pandai menganalisis sebuah masalah, maka anda akan menemukan sebuah inti masalah yang ketika inti masalah tersebut diselesaikan, bisa menjadi imbas yang baik bagi masalah yang lain. Sehingga solusi untuk masalah yang lain bisa ditemukan lebih mudah.

Cobalah bermain sebagai detektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah yang kompleks.


Itulah 10 Skill Yang Wajib Dimiliki Pada Tahun 2020. Bagaimana menurut anda? Boleh tulis dibagian komentar dibawah.

Baca Juga : 
10 Kisah orang "Bodoh" yang Akhirnya Sukses
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Skill Yang Wajib Dimiliki Pada Tahun 2020"

Post a Comment