Kulit Manusia Keseluruhan Berbobot 10 Kg

Halo Serupedians!

Otak atau paru-paru merupakan organ yang banyak menjadi pusat perhatian. Namun bagaimana dengan kulit, tahukah Anda berapa beratnya?


Kulit adalah lapisan terluar dari tubuh makhluk hidup. Manusia pun memiliki kulit. Kulit manusia adalah organ terbesar yang menutupi organ lain.

Kulit manusia memainkan peran yang sangat penting karena langsung bertemu dengan lingkungan luar. Maka dari itu, kulit manusia memiliki lapisan yang tertentu sehingga cocok untuk bertahan dari lingkungan luar.

Kulit terdiri dari tiga lapisan. Yakni epidermis, dermis dan jaringan subkutan. Ketebalan kulit pun sangat bervariasi di seluruh tubuh. Misalnya, kulit halus sekitar mata hanya setebal beberapa lembar kertas dan lutut di kaki hanya setebal penghapus pensil.

Kulit memiki karakteristik berbeda di banyak daerah, tapi kulit merupakan satu organ dan tak semua kulit ‘berdaging’. Sebagai organ, kulit membungkus tubuh manusia, termasuk kuku dan rambut. Secara total, sekitar 16% total berat badan adalah kulit.

Fakta menarik dari kulit adalah bahwa kebanyakan kulit orang dewasa memiliki berat sebesar 10 kg atau lebih. Tentunya berat kulit bervariasi tergantung pemiliknya, semakin kurus seseorang, semakin ringan berat kulit. Jika rata-rata kulit dewasa dibentangkan, kulit mampu mencakup dua meter persegi.

Setelah kulit, organ tubuh manusia terberat adalah usus (3,75 kg), paru-paru (2,5 kg), hati (1,6 kg), otak (1,5 kg) dan jantung (0,3 kg)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kulit Manusia Keseluruhan Berbobot 10 Kg"

Post a Comment