Asal-Usul Pewarna Bibir

Hai Serupedians!

Ada yang tahu bahwa tanggal 29 Juli adalah hari Lipstick sedunia? Ya, Lipstick yang merupakan salah satu alat perias wajah yang identik dengan wanita ini ternyata punya harinya sendiri loh. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana sejarah Lipstick si pewarna bibir ada sampai sekarang.


Pada awalnya Lipstik merupakan barang langka yang digunakan sebagai bagian dari ritual keagamaan serta penanda status sosial penggunanya. Tak heran karena pada tahun 2500SM-1000SM kaum Mesopotamia kuno (sekarang Irak) menggunakan bubuk batu mulia sebagai bahan baku pewarna bibir. Sementara itu masyarakat lembah sungai Indus (2000SM) mewarnai wajah dan bibir mereka secara teratur.

Namun produksi pewarna bibir secara umum pertama kali baru dilakukan oleh bangsa Mesir Kuno (2000SM-100M) seperti yang terlihat pada potret Ratu Nefertiti dengan bibir berwarna merah. Masyarakat Mesir Kuno membuat pewarna bibir merah dari ekstrak serangga cochineal yang sampai saat ini masih digunakan, sementara untuk warna ungu mereka menggunakan campuran bahan rumput laut, minyak dan lilin.

(sumber : yesterface.wordpress.com)

Produksi pewarna bibir ini terus berkembang dengan berbagai teknik dan bahan sampai pada tahin 8M-12M, seorang ahli kosmetik Abu al-Qasim al-Zahrawi menemukan teknik pembuatanj pewarna bibir padat yang saat ini kita kenal dengan lipstick. Penggunaan pewarna bibir sempat dilarang dengan alasan religi yang menganggap penggunaan pewarna bibir yang identik dengan ritual ajaran sesat, dan berkembang stigma pewarna bibir yang diidentikan dengan kegiatan prostitusi. Sampai pada tahun 16M, pewarna bibir merah kembali popular berkat Ratu Elizabeth I yang menggunakan lipstick yang dibuat dari beeswax dan pewarna merah alami.
(sumber : bbc.co.uk)

Namun tak berapa lama kemudian lipstick kembali identik dengan kegiatan prostitusi sampai pada tahun 1800an perusahaan kosmetik Prancis, Guerlain, memproduksi lipstick komersil pertama dan dipopulerkan oleh artis Sarah Bernhardt.
(sumber : jengenuine.blogspot.co.id dan elle.com)


Hingga pada tahun 1950an, bibir berwarna merah gelap dipopulerkan oleh aktris Marilyn Monroe dan Elizabeth Taylor. Sejak saat itu industri kosmetik terus berkembang sampai saat ini lipstick dengan berbagai warna menjadi suatu item wajib bagi para wanita untuk melengkapi riasannya.
(sumber : huffingtonpost.com)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal-Usul Pewarna Bibir"

Post a Comment