Seberapa Banyak 2000 Kalori Pada Makanan Anda?

Halo Serupedians!

WHO atau World Health Organisation yang bergerak dibidang kesehatan menganjurkan, bahwa kalori yang manusia konsumsi setiap hari berkisar rata-rata 2000 kalori per hari. Masalah yang timbul dari pernyataan diatas bahwa kita tidak mengetahui seberapa banyak yang telah kita konsumsi per harinya. Terlebih lagi banyak sekali makanan diluar sana yang sebenarnya tidak menyehatkan tetapi enak untuk dikonsumsi. Berikut Serupedia rangkum Seberapa Banyak 2000 Kalori Pada Makanan kita setiap hari.

10. Kue Kacang Coklat = 87 kalori per buah


Siapa yang tidak suka kue kacang coklat? Rasanya yang nikmat disantap sore hari bersama teh atau kopi sambil bersantai. Ternyata untuk satu buah kue kacang coklat, kalori yang kita konsumsi bisa mencapai 87 kalori. Itu artinya, dengan kita mengkonsumsi 23 buah kue kacang coklat, kita telah memenuhi kebutuhan 2000 kalori perhari.

Anjuran untuk makanan penutup seperti kue kacang coklat memang tidak banyak, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengatur sendiri asupan kue kacang coklat pada tubuh kita. Jangan sampai kelezatan kue kacang coklat mengalahkan anjuran asupan kalori untuk tubuh kita.

9. Pizza = 285 kalori per potong


Pizza, makanan asli italia ini memang sangat enak. Banyak orang menyukai pizza sebagai makanan ringan. Padahal, kalori yang dimiliki oleh pizza yaitu sebesar 285 kalori per potongnya. Jadi, ketika anda membeli satu buah pan pizza, maka anda telah membeli lebih dari cukup untuk konsumsi kalori anda per harinya.

Bila dihitung, satu buah pan pizza ukuran besar paling tidak memiliki 8 potong pizza. Berarti ketika anda membeli 1 buah pan pizza ukuran besar, anda cukup memakan 7 dari 8 potong pizza yang ada. Itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori anda per hari. Dan anda tidak akan disebut menghabiskan pizza yang ada karena anda sisakan satu untuk keluarga anda.

8. Nanas = 444 kalori per buah


Buah nanas sangat cocok untuk makanan seperti rujak, atau dimakan biasa pun sudah enak. Siapa sangka, bila kita menghabiskan satu buah nanas sendirian sama saja kita telah mengkonsumsi 444 kalori saat itu. Untuk anda yang sedang serius diet, nanas sangat cocok sebagai makanan pengganti 
nasi. 

Setiap hari, anda cukup mengkonsumsi 4.5 buah nanas, dan anda sudah bisa memenuhi kebutuhan kalori harian anda.

7. French Fries = 363 kalori per penyajian


Restoran cepat saji pada umumnya selalu memiliki menu andalan seperti french fries. kentang potong yang telah diberi bumbu digoreng hingga renyah. Tetapi, french fries ukuran besar memiliki 363 kalori per penyajiannya. Cukup besar untuk ukuran sebuah kentang goreng.

Untuk memenuhi kebutuhan kalori harian anda, anda hanya perlu memesan 5.5 french fries ukuran besar.

6. Wortel = 30 kalori per buah


Wortel, selain sehat, sayur ini juga banyak sekali dijadikan inovasi makanan yang menarik untuk anak-anak. Wortel memiliki 30 kalori per buah. Berarti akan dibutuhkan wortel sebanyak 67 buah untuk memenuhi kalori harian anda.

5. Burger = 800 kalori per buah


Junk food memang selalu memanjakan lidah penikmatnya. Tidak terkecuali burger. Restoran cepat saji banyak yang memiliki menu ini sebagai pengganti nasi. Bagaimana tidak, setiap burger mengandung 800 kalori! Cukup dengan 2.5 buah burger, anda telah mencapai 2000 kalori per hari anda. Dan anda juga telah meningkatkan asupan lemak anda.

4. Pisang = 105 kalori per buah


Pisang, buah favorit para atlit ketika mereka sedang bertanding. Kandungan glukosa yang baik sebagai pembentuk energi menjadi andalan para atlit. Satu buah pisang memiliki kalori sebesar 105 kalori. Cukup untuk membentuk energi pada saat bertanding.

Selain untuk atlit, banyak juga yang menggunakan pisang sebagai menu diet hariannya. Porsi kalori yang pas dan mengenyangkan menjadi alasan mereka yang sedang diet. Bila dihitung, maka akan membutuhkan 19 buah pisang untuk memenuhi kebutuhan kalori harian anda.

3. Burrito = 800 kalori per buah


Makanan asli meksiko ini juga tidak kalah dengan makanan lain. Seperti halnya burger, burrito juga memiliki julah kalori rata-rata yang sama, yaitu 800 kalori per buah.


2. Minuman Bersoda = 142 kalori per kaleng


Banyak sekali yang tidak menyangka bahwa minuman bersoda yang sangat populer memiliki kalori yang setara dengan 142 kalori per kalengnya. Bila anda penggemar minuman bersoda, sebaiknya anda tidak terlalu sering mengkonsumsinya karena bila dilihat secara angka, nilai kalorinya lebih banyak dari satu buah pisang.

Bila dihitung, maka akan membutuhkan 14 kaleng minuman bersoda untuk memenuhi 2000 kalori per hari anda.

1. Blueberry = 57 kalori per gram


Sudah banyak yang mengetahui bahwa buah beri merupakan buah yang sehat dan banyak manfaatnya. Selain banyak manfaat, sekarang ini banyak yang menggunakan buah beri sebagai tambahan di salad atau dijadikan infused water. Kalorinya yang terbilang rendah, sebesar 57 kalori per gram, menjadikan buah ini cocok sebagai menu camilan bagi orang yang sedang diet.

Sehingga dibutuhkan sekitar 35 kg buah beri untuk memenuhi kebutuhan kalori harian anda.

Pada dasarnya memang kebutuhan kalori setiap orang berbeda, tetapi dengan adanya acuan yang dikeluarkan WHO tersebut menjadikan kita sebagai orang awam sedikit paham dan dapat mengatur sendiri asupan makanan setiap harinya, jangan sampai melebihi kapasitas dari kita sendiri. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Baca Juga :
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seberapa Banyak 2000 Kalori Pada Makanan Anda?"

Post a Comment