Kisah 4 Foto Bersejarah yang Akan Membuatmu Bersyukur Hidup di Masa Sekarang

Halo Serupedians!

Masih ingatkah anda dengan semboyan ikonik Bung Karno yang berbunyi ‘Jangan Sekali-Sekali Meninggalkan Sejarah’? Hm, jangan anggap remeh semboyan dari presiden pertama kita ini karena tanpa belajar dari sejarah, kita tidak mungkin bisa sukses meneruskan kehidupan kita di masa yang akan mendatang.

Tapi yang namanya sejarah itu belum tentu selalu berhiaskan peristiwa yang cerah, lho. Tidak sedikit juga kisah sejarah yang dibaliknya menyimpan cerita yang sifatnya suram nan kelam. Tidak jarang juga, momen-momen tersebut terekam dalam potret sebuah foto yang akan membuat kita seakan menyelam ke dalam memori sejarah tersebut. Berikut Serupedia hendak mengulas Kisah 4 Foto Bersejarah yang Akan Membuatmu Bersyukur Hidup di Masa Sekarang, 

1. Ilustrasi Konsep TV Portabel Ala Tahun 60an


Konsep teknologi  yang nampak mengerikan ini dinamakan Walter Pichler’s TV Helmet. Helm ini pun terbuat dari bahan polyester, plexiglas, PVC, alumunium, dan elemen-elemen lain yang sifatnya dapat digelembungkan. Walter Pichler sendiri sebenarnya adalah seorang arsitektur asal Austria yang gemar menciptakan karya seni visioner. Karya seninya pun acapkali mencerminkan keadaan/ status quo yang tengah terjadi pada era pembuatannya.

Pichler nampaknya sudah memprediksi bahwa seiring berjalannya waktu, teknologi akan semakin membuat kita para manusia menjadi lebih individualis. Yup, persis seperti ilustrasi konsep yang dibuatnya pada tahun 1967 ini.

2. Ajang Miss Lovely Eyes Ala Tahun 30an


Jika biasanya ajang kontes kecantikan bertujuan untuk menampilkan keindahan komplit dari seorang wanita, maka ajang yang satu ini pun berbeda. Kontes yang diadakan di Florida ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperlihatkan wanita mana yang memiliki mata paling indah.

Namun begitu, kontes tersebut justru dinilai sebagai salah satu kontes yang ‘kurang menyenangkan’. Hal ini terjadi semata karena atribut yang digunakan dalam kontes tersebut. Atribut tersebut sebenarnya berguna untuk menutupi bagian tubuh yang lain, sehingga hanya mata cantik para kontestan-lah yang terang terpancar kala kontes sedang berlangsung. Sekalipun begitu, atribut tersebut pada akhirnya cenderung nampak aneh dan terlihat ‘menakutkan’ di mata kita sebagai generasi masa kini. 

3. Sound Finders Ala Perang Dunia I 


Foto bersejarah selanjutnya adalah gambar sosok dua orang prajurit yang mengenakan alat penemu suara. Alat ini pun ditemukan pada sekitar tahun 1917, yang mana merupakan tahun saat Perang Dunia pertama tengah meletus di nyaris seluruh belahan dunia. 

Konon, alat ini digunakan guna mengetahui arah datangnya pesawat musuh, yakni pesawat dari negara Uni Soviet. Hm, dilihat dari bentuknya, alat ini jelas bukanlah alat yang nyaman untuk dipakai oleh siapa saja, ya? Belum lagi dinilai dari tampilannya, hii, seram!

4. Operasi Babylift


Sebagai hasil dari kekejaman perang Vietnam pada tahun 1975, ribuan bayi pun terpaksa menjadi yatim-piatu dan dievakuasi secara besar-besaran ke Amerika Serikat. Tidak hanya bayi, anak-anak pun juga ikut diterbangkan dari Vietnam dan akhirnya diadopsi oleh berbagai keluarga dari seluruh dunia. Evakuasi masal ini pun lantas diberi nama dengan Operation Babylift dan menjadi bukti bahwa peperangan sejatinya akan memberi dampak secara kontinu, bahkan untuk para bayi dan anak-anak, yang mana tidak ikut dalam proses berperang sekalipun.


Itulah Kisah 4 Foto Bersejarah yang Akan Membuatmu Bersyukur Hidup di Masa Sekarang. Menurut Serupedians, kisah mana yang paling membuat anda bersyukur karena tidak hidup pada masa tersebut?


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah 4 Foto Bersejarah yang Akan Membuatmu Bersyukur Hidup di Masa Sekarang"

Post a Comment