10 Teknologi Baru Yang Akan Muncul Di Tahun 2016.

Halo Serupedians!

Teknologi merupakan sebuah terobosan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Semakin berjalannya waktu, maka teknologi pun terus berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Dimulai dari sebuah mimpi fiksi, hingga ilmu pengetahuan dapat mengejar mimpi tersebut untuk menciptakan teknologi yang sesuai dengan mimpi fiksi tersebut. 


Tidak hanya disatu bidang, tetapi hampir disemua bidang dapat diterapkan teknologi. Teknologi diharapkan bisa terus berkembang untuk kemajuan dan kemudahan hidup manusia. Berikut Serupedia membahas 10 Teknologi Baru Yang Akan Muncul Di Tahun 2016.

10. Nanointernet


Nanointernet adalah pembuatan jaringan seukuran nano. Bila yang kita bayangkan dari internet adalah seperti googling, youtube, dsb. Internet pada Nanointernet sedikit berbeda. Bukan internet seperti yang kita bayangkan. Nanointernet adalah penerapan dari sensor yang diperkecil seukuran nano, yang dapat mendeteksi apapun seukuran nano. 

Sensor tersebut bisa ditanam didalam tubuh makhluk hidup, atau ditanam disebuah benda. Sensor tersebut mendeteksi apakah ada kekeliruan atau kekurangan pada inangnya. Nanointernet dapat memberitahu penggunanya bila ada sel jaringan pada tubuh yang rusak, atau mengetahui ada sedikit pengeroposan pada dinding bendungan. Tentu dengan berkembangnya Nanointernet akan merubah teknologi pada bidang kesehatan, lingkungan, dan sains.

9. Penyimpanan Energi Skala Kecil


Energi menjadi sumber utama aktifitas umat manusia. Masalahnya, sekarang energi benar-benar terbatas penggunaannya. Untuk itu sedang dikembangkan penyimpanan energi skala kecil. Penyimpanan energi ini sangat berguna untuk menyimpan energi yang besar pada ruang yang lebih kecil, sehingga memudahkan efisiensi dari penggunaan lingkungan tempat energi tersebut disimpan. Termasuk pada pengecilan ukuran baterai dan penambahan kapasitas dari energi terbarukan.

8. Blockchain


Selama ini, data dari semua informasi pasti disimpan disatu tempat. Tetapi ketika alat penyimpan data tersebut rusak atau hilang, maka data informasi juga ikut hilang. Untuk itu dikembangkan teknologi yang bernama Blockchain. Blockchain adalah desentralisasi database, dimana ketika ada transaksi informasi yang dilakukan oleh elektron menjadi lebih aman dan cepat. Seperti contoh, Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang virtual yang dipercaya merupakan cikal bakal Blockchain. Ketika kita ingin membeli barang, kita dapat menggunakan Bitcoin sebagai pengganti uang fisik. Dalam beberapa hari kita sudah mendapat paket berisi barang yang diinginkan.

7. Material 2D


Graphene adalah contoh material 2 dimensi yang sekarang tengah dikembangkan. Bagaimana tidak dikembangkan, graphene adalah material 2 dimensi yang tipis, tetapi sangat kuat. cocok sebagai pondasi dari rumah 2 lantai. Material 2 dimensi bisa jadi alternatif untuk menanggulangi ruang sempit dan polusi udara yang pekat.

6. Kendaraan Tanpa Awak


Mobil otomatis, Pesawat otomatis, dan lain-lain adalah manfaat dari kendaraan tanpa awak. Produktifitas pada masa sekarang merupakan hal yang sangat penting. Waktu tidak boleh dibuang begitu saja. Mengandarai kendaraan termasuk buang-buang waktu.

5. Chip Terprogram


Chip kecil dapat ditanam jaringan organ tubuh kita. Data dari organ tubuh kita disimpan dalam chip kecil untuk dijadikan sebagai obat ketika tubuh kita tidak sesuai dengan data 'default' yang telah disimpan didalam chip tersebut. Chip ini bisa menjadi terobosan dalam bidang kesehatan.

4. Sel Surya Perovskit


Perovskit adalah semacam senyawa yang baru ditemukan dapat dijadikan sebagai sel surya yang diyakini lebih efektif untuk menciptakan energi. Dengan dikembangkannya Perovskit, maka masa depan akan menjadi masa depan yang penuh dengan energi bersih.

3. Kecerdasan Buatan Tingkat Lanjut


Ketika kecerdasan buatan diciptakan, manusia dapat menciptakan robot. Tetapi bagaimana bila robot tersebut tidak hanya dapat mengerjakan perintah, tetapi juga bisa diajak berbicara, berdiskusi, membaca, mengatur keuangan, dan mengerti kesehatan pemiliknya? Tentu jasa asisten rumah tangga akan bangkrut.

2. Optogenetik


Optogenetik adalah pengkondisian genetik menggunakan cahaya. Hal ini dikembangkan karena dipercaya dapat mengobati manusia yang terkena keterbelakangan mental. Belum banyak informasi mengenai optogenetik ini, tetapi manfaatnya sudah dapat diprediksi menjadi cikal bakal manusia yang lebih baik.

1. Teknik Sistem Metabolisme Terbarukan


Metabolisme tubuh adalah sistem kerja yang paling sempurna didunia. Sekarang tengah dikembangkan ilmu yang mempelajari tentang penerapan sistem metabolisme seperti tubuh manusia kedalam sebuah industri. Hal ini dapat meningkatan efisiensi dari industri, terutama industri minyak yang faktanya hasil dan sisa dari industri cukup banyak.

Itulah 10 Teknologi Baru Yang Akan Muncul Di Tahun 2016 versi Serupedia. Bagaimana dengan versi anda? boleh tulis di bagian komentar dibawah.

Baca Juga :
Mengenal Lebih Jauh 4G LTE
Mengenal Teknologi Jaringan ( 1G sampai 4G ) dan Perbedaannya
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Teknologi Baru Yang Akan Muncul Di Tahun 2016."

Post a Comment