10 Makanan Unik Lebaran Dari Berbagai Negara Didunia Yang Perlu Anda Coba

Hai Serupedians!

Indonesia memiliki makanan wajib sebagai hidangan saat hari lebaran tiba seperti ketupat, opor ayam, dan teman-temannya. Tetapi kenyataannya bukan hanya Indonesia saja yang merayakan hari lebaran. Atmosfir lebaran akan dirasakan oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia. Tentu mereka pun akan ikut merayakannya dengan sajian khas negara masing-masing.


Dibawah ini, Serupedia akan mengulas 10 Makanan Unik Lebaran Dari Berbagai Negara Didunia.

10. Pakistan, Sheer Kurma


Sheer kurma atau sheer korma, adalah makanan khas yang sangat terkenal di daerah Pakistan. Sheer kurma adalah makanan yang terbuat dari susu yang dibuat seperti pudding dengan topping kurma yang lezat. Sheer kurma biasa disajikan pada saat hari lebaran di Pakistan.

Tidak hanya di Pakistan, Afghanistan dan India pun cukup menggemari makanan manis ini. Sheer kurma disajikan pada saat hari lebaran ketika semua umat muslim sudah melaksanakan shalat ied. Ketika pagi hari mereka menyajikan sheer kurma ini sebagai sarapan dan sebagai hidangan untuk para tamu yang datang ke rumah untuk bersilaturahim.

9. Maroko, Chebakia


Lain Pakistan lain Maroko. Chebakia adalah makanan khas dari Maroko. Chebakia terbuat dari bahan yang sama dengan donat, hanya saja dibentuk lonkong terlebih dahulu, kemudian disusun seperti bunga mawar. Digoreng hingga coklat keemasan, lalu diberi topping sirup atau madu dan taburan wijen.

Berbeda dengan donat, bentuk dari chebakia lebih tipis dan lebih renyah, walaupun berbahan dasar sama. Rasanya yang manis dan renyah menjadi makanan yang cocok untuk menemani hari lebaran di Maroko.

8. Lebanon, Hummus


Hummus adalah hidangan khas dari Lebanon yang berupa bubur, saus, atau semacam selai gurih yang dibuat dari kacang arab giling yang dicampur tahini (wijen giling), minyak zaitun, sari perasan limau, garam dan bawang putih. Hidangan ini populer di seantero Timur Tengah, termasuk Turki, dan Afrika Utara.

Hummus sebenarnya berarti kacang arab. Sesuai dengan bahan dasarnya yang terbuat dari kacang arab. Rasanya yang khas ditambang dengan gurihnya minyak zaitun membuat lidah orang Timur Tengan dimanjakan dengan makanan khas ini.

7. Turki, Iftariye


Hari lebaran di Turki disambut dengan kegembiraan besar. Di kota-kota besar seperti Istanbul semua restoran selalu menawarkan Iftariye. Iftariye berasal dari kata Iftar yang mengacu pada buka puasa.

Iftariye adalah sup, beberapa buah-buahan, telur rebus, dan makanan ringan lainnya yang dihidangkan dalam satu wadah.

6. India, Haleem


Haleem atau bubur gandum memang cukup terkenal di India. Haleem yang paling terkenal adalah haleem yang berasal dari kota Hyderabadi. Keunikan haleem dari Hyderabadi ini adalah campuran daging kambing, ghee, buah kering dan yang paling penting adalah saffron, bumbu masak paling mahal didunia.

Kesulitan dari pembuatan haleem ini yang menjadikan haleem makanan yang sangat spesial untuk hari raya. Karena cocok sebagai hidangan akhir dari lelahnya berjuang selama bulan puasa.

5. Bangladesh, Kari Chotpoti


Bangladesh juga memiliki makanan wajib di hari lebaran yaitu Chotpoti Curry atau kari chotpoti. Dari namanya saja sudah pasti bahwa makanan ini adalah sejenis kari. Kari Chotpoti terdiri dari kentang dan telur, tetapi tidak ada daging di dalamnya.

Rasa kari yang identik dengan pedas sangat melekat pada makanan ini. Untuk anda penikmat makanan penas, anda wajib mencoba makanan ini.

4. Mesir, Fata


Fata atau Fatteh, sebenarnya berarti 'hancur'. Fata adalah makanan khas Mesir yang berbahan dasar flatbread. yang dihancurkan dan dicampur dengan yogurt dan minyak zaitun.

Fata disajikan sebagai sarapan di hari lebaran. Tidak hanya Fata pada umumnya, kadang Fata khusus pada hari lebaran ditambah dengan buah segar seperti anggur, kurma dan jeruk. Juga ditambah bahan dasar kacang untuk menambah citarasa dari Fata pada umumnya.

3. Aljazair, Tangines


Kata tangines sebenarnya adalah cara memasak dari makanan ini, tetapi orang lebih familiar dengan menyebut nama makanan ini sebagai Tangines. Tangines adalah makanan yang dimasak dengan cara dibakar didalam tungku tanah liat. Isi dari makanan ini bisa beragam, seperti daging kambing, sayur, atau hanya roti dengan kacang almond dan buah plum.

Bagi masyarakat Aljazair, isi yang bermacam-macam dari tangines ini melambangkan keberagaman dari umat itu sendiri. Walaupun beragam, ketika dimasak bersamaan akan menjadikan makanan yang nikmat dan cocok sebagai hidangan hari lebaran.

2. China, Sup Mie La Mian


La mian adalah mie tradisional China yang dibuat dari adonan tepung terigu yang ditarik-tarik tangan hingga menjadi helaian panjang. La mian biasa dijual segar di pasar tradisional.

Mie yang ditarik-tarik hingga helaian panjang melambangkan panjang umur bagi yang memakan makanan ini. Dengan campuran bumbu dan sayuran menjadikan makanan ini enak dan sederhana sehingga mudah untuk dibuat.

1. Maladewa, Gulha


Gulha adalah makanan ringan yang berasal dari Maladewa. Gulha sendiri berbahan dasar tepung terigu, ikan (biasanya tuna), dan parutan kelapa muda. Tetapi tidak sedikit yang menggunakan tepung beras atau jenis ikan lainnya.

Semua bahan dasar dicampur dan dibentuk menjadi bulatan kecil, lalu digoreng hingga keemasan. Gulha biasanya diberi tambahan saus yang berbahan dasar perasan jeruk lemon dan daun-daunan.

Itulah 10 Makanan Unik Lebaran Dari Berbagai Negara Didunia versi Serupedia. Bagaimana dengan versi anda? boleh tulis di bagian komentar dibawah. 

Baca Juga :
5 Makanan Unik Khas Ramadhan Di Berbagai Negara
20 Mukjizat Puasa terhadap Kesehatan Manusia


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Makanan Unik Lebaran Dari Berbagai Negara Didunia Yang Perlu Anda Coba"

Post a Comment