7 Manfaat Asuransi Untuk Masa Depan

Halo Serupedians!


Saat ini, asuransi bagi sebagian orang masih belum terlalu akrab ditelinga khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Tetapi untuk negara-negara maju, memiliki asuransi telah menjadi hal yang lumrah bahkan wajib untuk dimiliki. Istilah 'Sedia Payung Sebelum Hujan' adalah yang paling cocok untuk menggambarkan bagaimana asuransi bekerja.

Asuransi sangat penting bagi kita semua. Musibah dan keadaan mendesak tidak ada yang tahu dan tidak ada yang mau. Sekarang adalah zaman dimana sangat merugikan mengeluarkan uang untuk berobat, atau untuk reparasi mobil dan lain sebagainya. Dengan asuransi kita bisa bebas biaya, atau paling tidak meringankan beban biaya keluarga jika hal terburuk terjadi.

Gambar : asuransimobilterbaik.net

Bila anda tinggal di Negara yang Menggratiskan Biaya Berobat untuk Warganya, tentu asuransi bisa jadi tidak terlalu penting. Tetapi untuk negara tertentu asuransi tentu bisa sangat membantu. Berikut Serupedia ulas 7 Manfaat Asuransi Untuk Masa Depan.

1. Membantu Mengelola Keuangan Anda

Gambar : Omegasoftindo.com


Kewajiban Anda untuk membayar biaya premi secara rutin sebenarnya secara tidak langsung memaksa Anda untuk menyediakan dana cadangan yang digunakan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Walau demikian, ketika kejadian yang tidak diinginkan tersebut benar-benar terjadi dan mengharuskan Anda mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk menutupi hal tersebut. 

Hadirnya asuransi akan sangat membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran tak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian atau bahkan bulanan Anda. Dengan memiliki asuransi, Anda tidak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami karena pihak penyedia layanan jasa asuransi ini akan menyediakan ganti rugi.


2. Sebagai Bentuk Investasi


Gambar : uangteman.com

Anda sebagai nasabah pemegang polis akan disuguhkan dengan biaya premi yang wajib Anda penuhi. Tetapi, dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis di suatu penyedia layanan jasa asuransi, Anda akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak.

Asuransi yang diperuntukkan investasi juga memberikan keringanan dan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan. Biasanya waktu masa pertanggungan nasabah pemegang polis berkisar 5, 7, dan 10 tahun. Selain itu, besarnya premi adalah premi tunggal yang relatif terjangkau dan bisa dibebaskan dari biaya administrasi.


3. Meningkatkan Efisiensi Keuangan

Gambar : todaybisnis.com

Anda tentu memiliki waktu yang sangat padat sehingga anda mendaftarkan diri Anda sebagai nasabah pemegang polis asuransi. Ini menandakan Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengurusi semua keuangan anda. Dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis, Anda telah menghemat waktu Anda. Karena tidak perlu secara khusus mengadakan pengamanan dan pengawasan untuk memberikan perlindungan yang memakan banyak tenaga, waktu dan biaya.

4. Membantu Meminimalisir Kerugian

Gambar : ortax.org


Bayangkan Anda adalah seseorang yang memiliki rumah senilai Rp5 milyar dan Anda juga memiliki investasi berupa properti yang digunakan sebagai kamar kos bagi mahasiswa di daerah sekitar kampus. Anda hanya memberikan proteksi lebih kepada rumah Anda sementara tidak bagi bangunan kos yang dimiliki. Ketika terjadi bencana kebakaran akibat ledakan gas di rumah, Anda bisa mendapatkan cover biaya dari pihak penyedia layanan jasa asuransi. Sementara bila kebakaran itu terjadi di bangunan kos Anda, Anda akan rugi besar karena kehilangan bangunan serta harus menanggung kerugian barang-barang milik mahasiswa karena kebakaran terjadi akibat ledakan gas yang notabene milik Anda. Contoh berikut merupakan pentingnya memiliki asuransi sebagai jaminan perlindungan baik itu untuk diri Anda atau pun untuk properti dan investasi Anda.


5. Sedikit Memberikan Jaminan Perlindungan di Kemudian Hari
Gambar : pp-indonesia.com

Masa depan siapa yang tahu. Dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis, maka Anda telah memberikan jaminan perlindungan untuk masa depan Anda dikemudian hari kepada Penyedia jasa asuransi. Ketika Anda jatuh sakit atau lain sebagainya, Anda sebagai nasabah sudah berhak untuk mendapatkan tanggungan dari penyedia jasa asuransi.

6. Mendapatkan Transfer Resiko

Gambar : sucinupliana.wordpress.com


Dengan membayar premi yang relatif kecil, seseorang atau perusahaan dapat memindahkan ketidakpastian atas hidup dan resiko kerusakan pada harta bendanya ke perusahaan asuransi. Ini sangat membantu karena tidak ada yang dapat memastikan masa depan Anda kecuali Anda sendiri.


7. Memberikan Ketenangan


Gambar : ilmubayoe.blogspot.com

Asuransi memiliki manfaat untuk memberikan proteksi dari risiko ketidakpastian dan dipercaya lebih mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi individu pemegangnya. Penggantian yang akan diberikan dari pihak penyedia layanan jasa asuransi ini setidaknya akan menutupi sebagian hingga seluruh kewajiban pembayaran Anda atas suatu kejadian. Asuransi juga dikenal sebagai alternatif pengendalian kerugian atau loss controldengan melakukan survei lapangan serta memberikan rekomendasi kepada pemegang polis untuk melakukan tindakan preventif dan penanggulangan kerugian.

Kita tidak pernah mengetahui kemungkinan kejadian yang akan dialami esok hari. Setiap hari kita lewati dengan kemungkinan kejadian yang bisa saja menuntut pengeluaran tak terduga. Bila Anda termasuk orang yang sangat siap terhadap sesuatu, risiko kerugian yang diakibatkan oleh kejadian tak terduga tersebut bisa diminimalisir dengan mudah. Tetapi bagaimana dengan Anda yang menyadari bahwa Anda bukan tipe orang seperti itu? Kehadiran penyedia layanan jasa asuransi ini bisa memberikan jawaban dan meringankan beban ketika kejadian tak terduga itu datang.


Baca Juga : 
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Asuransi Untuk Masa Depan"

Post a Comment