6 Hasil Penemuan Besar yang Ditemukan Pada Abad Ini

Halo Serupedians!

Sebagai umat manusia, kita memang dituntut untuk terus-menerus menciptakan inovasi. Hal ini diperlukan semata-mata guna membangun kehidupan yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya. Kini, kita pun telah memasuki era abad ke-21, era dimana inovasi yang dulu istilahnya ‘tidak mungkin’ menjadi perihal yang lumrah untuk kita lakukan. 

Kali ini, Serupedia akan membahas beberapa penemuan terbesar abad ini yang memiliki dampak luar biasa terhadap kehidupan kita. Berikut daftarnya, 

1. Abiocor Artificial Heart (2001)


Jantung buatan ala Abiocor ini pertama kali digunakan untuk menggantikan jantung manusia pada sebuah operasi di tahun 2001. Uniknya, tidak seperti jantung buatan biasanya, jantung buatan ala Abiocor ini dapat bekerja sendiri secara otomatis. Produk ini pun tidak menggunakan kabel yang sifatnya mengganggu sehingga dapat mengurangi resiko infeksi yang biasa terjadi pada si pemakai. 

Sayang, jumlah penggunaan jantung buatan yang satu ini nyatanya masih terhitung sedikit. Ya, mari berharap saja semoga pemakaian produk yang keren nan canggih ini dapat semakin ditingkatkan di kemudian hari.

2. Skype (2003)


Penemuan yang satu ini bisa dibilang merupakan sebuah revolusi  penting di dalam bidang komunikasi. Jika dahulu kita butuh usaha ekstra untuk menghubungi sanak famili maupun kerabat di luar negeri, kini kita tidak perlu bersusah payah lagi. Inovasi yang satu ini telah membuat kita bisa dengan leluasa berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja via komputer personal yang kita miliki.

Skype hadir dengan membawa inovasi fitur telepon, bahkan video chat, yang dapat dipergunakan secara gratis melalui perantara WiFi. Skype sangatlah digemari dan bahkan sudah dapat diakses melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui ponsel.

3. 4G (2008)


Pada tahun 2008, Persatuan Telekomunikasi Internasional menetapkan segelintir ketentuan untuk standar koneksi generasi keempat alias 4G. So, katakan selamat tinggal pada koneksi yang lemot karena 4G menyediakan akses internet broadband selular yang jauh lebih mumpuni daripada 3G. Selain itu, koneksi 4G ikut menawarkan kapasitas data yang jauh lebih besar serta fitur-fitur keren seperti support teleponi IP, layanan games dan komputasi awan. 

Di Inggris, layanan 4G bahkan sudah tersebar di 93% dari populasi mereka, lho. Hm, semoga layanan koneksi 4G juga semakin meluas di seantero Indonesia kita tercinta, ya.

4. Nissan Leaf (2010)


Pamor mobil listrik nyatanya memang masih tidak sepopuler pesona mobil berbahan bakar minyak. Namun begitu, kini mobil listrik mulai dilirik sebagai pilihan yang menarik karena sifatnya yang ramah terhadap lingkungan. 

Nissan leaf, contohnya. Sebagai salah satu dari 30 merk mobil listrik yang telah beredar di pasaran, Nissan Leaf pun digadang-gadang sebagai mobil listrik dengan penjualan tertinggi di dunia. Tak tanggung-tanggung, total penjualan mobil keluaran Jepang ini sudah mencapai angka sebanyak lebih dari 200 ribu unit di 35 negara. Wow, fenomenal kan?

5. Google Driverless Car (2012)


Usut punya usut, Google kabarnya akan secara luas merilis sebuah produk mobil-tak-bersopir, lho. Produk ini pun sudah mulai melewati serangkaian tes di California sejak tahun 2012 dan rencananya akan mulai dirilis pada  tahun 2017. 

Mobil ini dikabarkan akan memiliki kecepatan maksimal hingga 25 mil per jam serta didesain untuk terus menerus bergerak sesuai dengan arus lalu lintas yang dideteksi oleh Google. Wih, sudah mirip teknologi ala film fiksi ilmiah saja, ya?

6. Tinder (2012)


Ayo siapa yang statusnya masih jomblo angkat tangan! Hehe, tenang, sekarang anda sudah bisa dengan mudah mengganti status hidup anda yang awalnya adalah ‘single’ menjadi ‘sudah memiliki pasangan‘. Ya, ucapkan terima kasih pada teknologi karena Ia telah menghadirkan sebuah aplikasi berkencan yang bernama Tinder.

Tinder hadir memperkenalkan sebuah gestur ‘swiping'  yang akan mempermudah proses pemilihan pasangan kencan anda. Para pengguna aplikasi pun dapat memilih sederet teman kencan potensial mereka hanya dengan bermodalkan gesekkan jari semata. Cukup gesekkan jari ke kanan untuk sebuah jawaban ‘iya’ dan gesekkan jari ke kiri untuk sebuah jawaban ‘tidak’ . Fantastisnya lagi, pada tahun 2014, aplikasi ini ternyata sudah menghasilkan sekitar 1 milyar swipes per hari. Luar biasa.



Itulah 6 Hasil Penemuan Besar yang Ditemukan Pada Abad Ini. Semoga di masa depan, akan lebih banyak lagi penemuan yang dapat membantu kelangsungan hidup kita di dunia, ya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Hasil Penemuan Besar yang Ditemukan Pada Abad Ini"

Post a Comment