5 Alasan Mengapa Minuman Bersoda Sangat Merusak Ginjal

Halo Serupedians

Minuman bersoda memang sangat menyegarkan. Dan minuman ini sangat digemari khususnya oleh anak muda. Jika minumnya sesekali sih tidak apa-apa. Yang bahaya itu adalah jika keseringan bahkan tiap hari minum minuman bersoda.


Setelah di artikel sebelumnya serupedia telah mengulas 7 Hal Mengerikan pada Tubuh Jika Sering Minum Softdrink. Kali ini serupedia akan mencoba mengulas efek spesifik bahaya minuman bersoda untuk ginjal. Berikut ulasannya.

1. Mengandung Pemanis buatan 

Sebuah peneliti menunjukan bahwa kandungan gula yang terdapat dalam pemanis buatan lebih tinggi dari pada gula asli, pemanis buatan juga dipicu dapat merusak fungsi ginjal. Oleh karena itu, jika kamu rutin mengonsumsi soda, kamu akan lebih beresiko mengalami penurunan fungsi ginjal. 

Terbukti secara ilmiah bahwa sukralos ketika dikonsumsi akan pecah menjadi dichlo fruktosa yang tidak aman bagi manusia. Ini dapat menghambat fungsi hati serta ginjal. Penggunaan jangka panjang dari pemanis buatan juga dapat membuat kulit menjadi rusak atau bercak-bercak.

2. Mengandung Sodium 

Sodium merupakan sejenis garam yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit ginjal kronis. Sodium ini ternyata terdapat juga di dalam minuman soda. Sebanyak 98% asupan sodium akan diserap di usus, dan kelebihannya akan disaring di ginjal, dan dikeluarkan melalui keringat dan urin. Sayangnya, seiring dengan pertambahan usia, fungsi ginjal cenderung menurun. Akibatnya, kelebihan sodium menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Kelebihan kalsium dan sodium yang tidak digunakan oleh tubuhmu akan terkumpul dalam urinmu, meningkatkan muatan penyaringan ginjalmu. Banyak bukti menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi makanan asin akan lebih mungkin terkena batu ginjal dan secara umum memiliki fungsi ginjal yang lemah. 

Melonjaknya tekanan darah dan volume darah bisa lebih jauh mempercepat kerusakan pada ginjalmu dan dengan signifikan meningkatkkan potensimu terkena penyakit ginjal dan gagal ginjal.

3. Mengandung Kafein 

Sebagian besar minuma soda mengandung kafein. Kafein adalah suatu senyawa dengan bentuk Kristal yang juga turunan dari senyawa protein yang dinamakan dengan purin xantin. Senyawa purin xantiin untuk kondisi tubuh normal sebenarnya mempunyai berbagai manfaat diantaranya adalahn obat analgetik yang dapat meredakan rasa sakit serta menurunkan demam. Namun, bagi tubuh yang memiliki kelainan hormon metabolisme asam urat, olehnya itu meminum kopi berkafein justru akan memicu terjadinya asam urat tinggi dalam tubuh.

Penyakit dengan kadar asam urat tinggi adalah satu diantara jenis penyakit yang sering dihindari orang , hal ini dikarenakan dapat mengakibatkan rasa sakit kronis, pembentukan batu ginjal, bahkan apabila terjadi penumpukan asam urat pada ginjal bisa merusak organ ginjal dan apabila terjadi penimbunan asam urat pada persendian dapat memicu kerusakan pada sendi-sendi, pergelangan dan tulang.

4. Mengandung Sirup jagung 

Kandungan minuman soda selanjutnya adalah sirup jagung. Sirup jagung memiliki kandungan fruktosa yang juga mengandung kalori yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui, kalori dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dan penyakit ginjal. Selain itu, rasa manis pada sirup jagung juga dapat menyebabkan kelebihan berat badan. 

Konsumsi fruktosa telah dikaitkan dengan perkembangan batu ginjal. Batu ginjal yang kecil, biasanya terbentuk ketika mineral dalam urin mulai bersatu. 

Sementara batu ginjal kecil dan dapat dilalui dari tubuh melalui urine, beberapa tumbuh cukup besar dan memblokir ureter, mengakibatkan rasa sakit yang hebat. Gejala yang terkait dapat mencakup nyeri buang air kecil, adanya darah dalam urin, mual, muntah dan demam.

5. Mengandung Asam fosfat 

Asam fosfat juga terkadung di dalam minuman soda. Asam fosfat ini sendiri dapat menyebabkan batu ginjal pada saluran kemih. Nah, mulai sekarang coba lah untuk menjauhi minuman soda, meskipun minuman itu memberikan rasa segar, namun jika kamu memikirkan efeknya, itu akan sangat merugikan diri sendiri.

Referensi :
[1]. http://www.bagikan.me/2016/04/inilah-fakta-bahaya-pemanis-buatan-dari.html
[2]. http://werno-werno.com/7-bahaya-terlalu-banyak-garam-dalam-makananmu/
[3]. http://klubpompi.pom.go.id/id/edukasi/artikel/item/317-sodium,-antara-manfaat-bahaya
[4]. http://www.dokteribu.com/dampak-kafein-bagi-kesehatan-tubuh/
[5]. http://www.magwuzz.com/2016/03/10-bahaya-sirup-jagung-bagi-kesehatan.html
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Alasan Mengapa Minuman Bersoda Sangat Merusak Ginjal"

Post a Comment