4 Fakta Unik Tentang Sidik Jari yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Halo Serupedians!

Bicara tentang sidik jari, pasti yang terlintas di benak anda pertama kali adalah garis-garis halus dengan motif tertentu yang terdapat pada kulit telapak kaki atau tangan seseorang. Garis-garis halus ini pun dipisahkan oleh alur yang sedemikian rupa sehingga membentuk pola yang unik pada setiap manusia.



Namun, tahukah anda bahwa sidik jari sebenarnya memiliki beberapa fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang? Apa saja sih? Yuk disimak,

1. Tidak Semua Orang Terlahir Memiliki Sidik Jari

Jika anda berpendapat bahwa semua orang pasti memiliki sidik jari, bisa dipastikan bahwa pendapat anda itu tidak benar. Ada beberapa kondisi genetik yang dapat membuat sidik jari tidak dapat terbentuk pada kulit seseorang, salah satunya adalah Adermatoglyphia. 

Adermatoglyphia sering juga disebut sebagai “Immigration Delay Disease” . Ini dikarenakan orang dengan keadaan tersebut sama sekali tidak memiliki sidik jari sehingga sering timbul masalah ketika mereka hendak melintasi suatu perbatasan. Wah, susah juga ya.

2. Sidik Jari Memiliki Ketahanan yang Luar Biasa

Pernahkah anda terpikir kenapa dalam suatu kecelakaan transportasi besar, hal pertama yang dicari oleh para anggota tim DVI (Disaster Victim Investigation) adalah sidik jari para korban? 

Ternyata, ini dikarenakan sidik jari akan tetap menempel pada kulit seseorang sekalipun orang tersebut telah meninggal dunia. Inilah yang memudahkan proses pengidentifikasian jenazah tanpa harus repot-repot mengenali wajah korban. Bahkan menurut seorang ahli sidik jari, Allen Bayle, jika tangan seseorang ditemukan di dalam air, maka struktur sidik jari akan otomatis menonjol seperti sebuah sarung tangan. Keren, ya?

3. Namun Begitu, Sidik Jari Ternyata Bisa Hilang

Ada beberapa faktor yang dapat membuat sidik jari seseorang benar-benar menghilang, yakni faktor pekerjaan dan faktor medikasi. 

Dari faktor pekerjaan, pekerjaan berat yang melibatkan indera peraba seperti menjadi pekerja bangunan ternyata dapat menghapus sidik jari seseorang. Sedangkan dari faktor medikasi, pengobatan seperti kemoterapi  juga sangat berpotensi menghilangkan sidik jari pada si penerima.

4. Hewan Juga Punya Sidik Jari

Tidak mau kalah dari manusia, ternyata ada beberapa hewan yang juga memiliki sidik jari mereka sendiri, lho. Contohnya ialah pada gorila, simpanse dan koala. Sidik jari dari koala bahkan digadang-gadang sangat mirip dengan sidik jari manusia sampai-sampai para ahli terkadang kesulitan membedakannya!

Para peneliti beranggapan bahwa keberadaan sidik jari ketiga hewan tersebut ditimbulkan oleh proses evolusi. Evolusi ini terjadi sebagai akibat dari kehidupan sehari-hari mereka yang notabene selalu berada di pepohonan. Menarik, ya?

Bagaimana? Apakah wawasan anda seputar sidik jari sudah semakin bertambah? 

Kiriman dari: Karina Puspita Sari | karina.puri97@gmail.com | Blog : dialkforkarin.blogspot.co.id

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Fakta Unik Tentang Sidik Jari yang Wajib untuk Kamu Ketahui"

Post a Comment