10 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat

Halo Serupedians

Bicara kolestro memang tidak ada matinya. Banyak yang mengira bahwa kolestrol adalah penyakit, padahal kolestrol adalah zat lemak yang dikenal dengan istilah lipid yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Selain itu Kolesterol juga sering diidentifikasi sebagai jenisi khusus lipid yang disebut steroid yang memiliki struktur kimia khusus yang terdiri dari 4 cincin karbon.


Sebenarnya tidak semua kolesterol itu jahat. Namun kadang yang jahat inilah yang selalu ada di dalam tubuh kita. Bagaimana cara menurunkannya. Ada beberapa makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low-Density Lipoproptein (LDL). Berikut serupedia akan mengulasnya dalam 10 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat yang diolah dari literasi berbagai sumber.

1. Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber serat larut yang begitu tinggi, di mana serat larut mampu mengurangi kadar kadar kolesterol. Oleh karena itulah, makam kacang-kacangan (buncis, kacang merah, dan kacang panjang) dengan rutin selama enam minggu dapat mengurangi kacang kolesterol sebanyak sepuluh persen.

Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak terendah dan yang paling baik dari tiga jenis lemak lainnya, seperti lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh tunggal.

Lemak yang berasal dari kacang alami dan tidak melalui proses kimia, dapat membuat jantung Anda sehat. Hendaknya Anda mengonsumsi kacang-kacangan tersebut dalam kondisi mentah tanpa ada campuran gula atau garam. Karena gula dan garam hanya akan menambahkan kalori pada kacang tersebut. Dan bila Anda memiliki kolesterol yang tinggi, hendaknya mengkonsumsi kacang-kacangan dengan jumlah yang wajar dan jangan terlalu berlebihan.

Baca Juga : Kupas Tuntas Tentang Kolesterol

2. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang mampu meingkatkan level HDL. Namun sayang, alpukat bersifat tinggi kalori sehingga harus dicampur dengan sayur-syuran penekan kalori. Sebuah alpukat dengan ukuran sedang memiliki 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh. Sementara itu, kebutuhan normal tubuh manusia yaitu 1.800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh setiap harinya.

Sebuah studi telah menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol,  yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol. 

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Asam lemak Omega-3 juga membantu jantung dengan beragam cara seperti menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah. Ikan salmon, sarden, dan herring membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 persen. 

Kandungan asam Omega-3 yang ada dalam ikan salmon sangat baik menurunkan LDL dan trigiserilda serta meningkatkan HDL. Selain itu, EPA dan DHA yang ada dalam ikan salmon sangat baik untuk kesehatan jantung. The American Hearth Association menyarankan sedikitnya dua porsi per minggu untuk memperoleh khasiat yang maksimal. Selain ikan salmon, konsumsi lainnya yang juga baik, seperti tuna, trout, sarden, makerel, dan hering.

4. Bawang Putih

Bawang putih diyakini mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Orang-orang Mesir Kuno manggunakan bawang putih untuk meningkatkan stamina. Di zaman modern, bawang putih dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol, melindungi tubuh dari infeksi, mencegah pembekuan darah, dan menurunkan tekanan darah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bawang putih dapat mencegah partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

Zat sulfur yang menjadi antioksidan bisa melebarkan area pembuluh darah dalam tubuh. Dan bawang putih tersebut bisa anda konsumsi dalam kondisi mentah, Dengan cara mencampurkan pada makanan yang  dihidangkan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung, Anda bisa mengambil khasiat dari bawang putih tersebut.

5. Kacang Kedelai

Mengonsumsi kedelai sangat baik bagi jantung. Dengan menambahkan ½ cangkir kedelai dalam pola makan Anda, dapat membantu menurunan kadar kolesterol sebanyak 8 persen. Anda juga perlu mencoba kedelai hitam, kacang merah, atau kacang pinto yang mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan serat harian.

Kacang kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai, di dalamnya mengandung isoflavon (zat yang mampu menekan LDL). Namun, tahu dan tempe mungkin saja tidak efektif menurunkan kolesterol jika diolah secara sembarangan. Contohnya, digoreng dengan minyak jelantah atau dicampur dengan santan karena santan dan minyak goreng merupakan sumber lemak jenuh. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mnegatakan bahwa untuk menurunkan kolesterol, konsumsilah minimal 25 gram protein kedelai setaip harinya.

6. Mede, Almon, dan Kenari

Kandungan lemak tidak jenuh tunggal dalam kacang mede, almon, dan kenari, sangat baik untuk kesehatan jantung karena rendah lemak. Ketiganya mengndung vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berhubungan erat dengan kesehatan jantung. Namun, kcang-kacangan ini sangat tinggi protein, sama seperti alpukat.


7. Bawang Merah

Kandungan quercetin dalam bawang merah ini juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Karena quercetin ini dikenal sebagai antioksidan kuat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi bawang merah memang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat yang bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. Dalam proses penurunan kolesterol jahat, Maka anda bisa mengkonsumsi bawang merah mentah, Dan bisa anda jadikan sebagai salad atau jus.

8. Bayam

Bayam adalah sayuran yang banyak mengandung lutein, yaitu zat penting yang dapat menjaga kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Lutein pun dapat menjaga kesehatan jantung karena mampu mencegah lemak menempel pada pembuluh darah. Oleh sebab itu, diajnurkan mengonsumsi bayam setengah mangkuk setiap harinya untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Sayuran yang satu ini mengandung sekitar 13 macam flovanoid yang dapat menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Dengan mengonsumsi ½ cangkir sayuran yang kaya kandungan lutein ini, dapat menjaga Anda dari serangan jantung.

9. Cokelat

Pecinta cokelat bisa merasa senang karena sebungkus dark cokelat yang sehat kaya akan antioksidan dan zat pengurang kolesterol.

Menurut sebuah penelitian di Spanyol yang dipublikasikan dalam “Journal of Hepatology” menjelaskan bahwa kandungan antioksidan dalam dark chocolate dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di pembuluh darah, yang dapat mengancam kesehatan seseorang dengan sirosis (penyakit hati kronis).

Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram dark cokelat setiap hari dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21%.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat"

Post a Comment