Sponsored Links

Flu Tak Sembuh-Sembuh Dan Cara Mengatasinya


Salah satu penyakit merakyat yang bisa menyerang siapa saja dan tanpa memandang usia dan jenis kelamin adalah penyakit pilek. Pilek ini merupakan penyakit yang terkadang bersifat musiman, namun terkadang juga tidak musiman. Penyakit pilek ini ditandai dengan keluarnya ingus atau lendir dari hidung kita. Biasanya penyakit pilek ini datangnya disertai dengan gejala- gejala lain seperti demam, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan. Penyakit pilek ini paling menjangkit anak- anak.
Pilek secara umum terjadi selama 1 hingga 2 minggu, namun terkadang ada pilek yang bisa bertahan hingga berbulan- bulan bahkan bisa bertahun- tahun. Pilek yang hanya berlangsung beberapa hari hingga satu minggu saja terasa merepotkan, apalagi jika pilek terjadi selama bertahun- tahun, maka akan terasa sangat merepotkan. Penyakit pilek yang tidak kunjung sembuh ini merupakan penyakit pilek yang tidak biasa. Dan penyakit ini mengindikasikan adanya penyakit tertentu.

Pada saat pilek biasa disebabkan oleh adanya serangan virus tertentu dan biasanya dibersamai dengan adanya demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Pilek biasa ini juga biasanya terjadi selama 1 hingga 2 minggu saja kemudian bisa sembuh. Pada kasus ini berbeda dengan pilek yang tidak kunjung sembuh, bahkan selama bertahun- tahun. Pilek yang semacam ini bukan merupakan pilek yang karena flu pada biasanya, namun karena adanya virus atau penyekit tertentu yang menyebabkan hidung selalu mengeluarkan ingus.
Pilek yang tidak kunjung sembuh (sebagian orang menyebutnya engan pilek menahun) merupakan gejala dari penyakit tertentu.  Penyakit tertentu tersebut merupakan gejala dari penyakit sinusitis dan juga gejala dari penyakit rhinitis. Berikut adalah penyebab pilek tidak kunjung sembuh :
1. Penyakit sinunitis sendiri merupakan penyakit radang atau peradangan yang terjadi pada lapisan rongga sinus . Penyebab sinusitis oleh infeksi kuman atau bakteri tertentu. Beberapa gejala sinusitis yang mengindikasikan penyakit sisnusistis adalah:
  • Hidung mampet
  • Hidung mengeluarkan ingus seperti ketika flu
  • Sering Sakit kepala, khususnya di area sekitar rongga sinus
  • Rasa nyeri di sekitar wajah
  • Penciuman hidung yang berkurang
  • Bau mulut (baca : cara mencegah bau mulut – cara menghilangkan bau mulut)
Untuk mengetahu penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan langsung sangat diperlukan. Dokter akan menanyakan riwayat penyakit Anda secara komplit dan menyeluruh dan juga melakukan beberapa tes penunjang lain seperti tes darah, tes urin, tes alergi, dan Rontgen jika perlu. Untuk mengurangi gejala pilek, Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti :

  1. Berkumur dengan air hangat garam
  2. Menghirup uap panas
  3. menggunakan balsam atau obat tetes hidung
  4. mengkonsumsi vitamin C dan zinc
  5. menggunakan Vaporizer di dalam ruangan kamar.
  6. Minum obat flu yang bebas di pasaran dan terdaftar BPOM
  7. Menggunakan masker jika bepergian keluar rumah
  8. Rajin membersihkan kamar dari debu dengan vaccum


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Flu Tak Sembuh-Sembuh Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment