Sponsored Links

Cara Membuat Telur Pitan (Telur Seribu Tahun)



Telur pitan merupakan telur yang masa pemeraman sekitar kurang lebih antara 50 - 100 hari. Telur pitan atau juga disebut telur 1000 tahun ini sangat terkenal dikalangan orang hongkong dan orang cina. Katanya telur pitan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dan telur pitan ini merupakan produk hasil pangan yang terbuta dari telur bebek.
Memang proses untuk membuat telur pitan ini hampir sama dengan cara membuat telur asin. bedanya terdapat pada masa pemeraman, umumnya masa pemeraman telur asin membutuhkan waktu hanya 7 -10 hari. Sedankan telur pitan membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 50 -100 hari atau sekitar 3 bulan lamanya.
Pemeraman telur asin menggunakan tanah liat atau abu gosok dan garam, sementara itu telur pitan menggunakan sekam atau kulit padi dan soda yang bersifat basa.
Namun ada kok resep mudah membuat telur pitan yang hampir sama dengan proses membuat telur asin, yuk simak caranya dibawah ini.
Bahan :
  • 2500 gram campuran tanah liat yang kering halus dengan batu bata merah tumbuk
  • 125 gram daun teh kering
  • 100 gram arang
  • 400 gram kapur sirih
  • air secukupnya
  • 20 butir telur bebek
  • 400 gram sekam padi
Cara membuat telur pitan (telur seribu tahun/1000 tahun) :
  1. Kita campur dan aduk aduk rata campuran tanah liat dan batu bata merah,  daun teh kering, arang, kapur sirih. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikti hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Kemudian simpan semalaman.
  2. Kita siapkan telur bebek dan cuci hingga bersih.
  3. Kemudian bungkus telur bebek dengan campuran atau adonan tanah liat hingga tertutup adonan setebal kira kira 1 cm.
  4. Kemduian gulirkan dalam sekam sehingga telur tertutup sekam dengan rata.
  5. Tata telur yagn tertutup sekam di kotak kayu dan tutup rapat. Simpan selama kurang lebih 50 - 100 hari dalam tempat sejuk dengan suhu 25 derajat celcius.
Nah demikian cara membuat telur pitan atau telur 1000 tahun. Semoga resep cara membuat telur pitan dapat berguna bagi semua pengunjung kumpulan resep lengkap.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Telur Pitan (Telur Seribu Tahun)"

Post a Comment